Cara menduplikat font dengan CorelDRAW

Cara menduplikat font dengan CorelDRAW. Pernahkah anda menemui logo yang di dalamnya terdapat jenis font yang sulit dicari atau mungkin malah tidak ada? Sedangkan kita membutuhkannya untuk keperluan logo nota, sablon maupun untuk surat-surat penting pesanan organisasi tersebut.Karena memang suatu logo sengaja dibuat unik dan punya khas tersendiri agar orang mudah mengingatnya.

Mungkin anda bisa saja menscan gambar logo tersebut, meski hasilnya menurut saya jauh dari bagus. Itupun hanya logo untuk teks biasa. Sedangkan logo warna yang akan kita gunakan untuk keperluan sablon, gambar JPEG tentunya tidak mungkin kan? Kita dituntut kreatif untuk bisa merepro/mengeblak font dalam logo tersebut.

Nah, untuk merepro/mengeblak font tersebut langkahnya sebagai berikut:

1. Buka CorelDRAW (di sini saya menggunakan CorelDRAW X3).

2. Import (Ctrl+I) untuk mengimpor gambar logo JPEG anda.

Sebagai contoh saya akan merepro huruf facebook.
3. Klik kanan gambar di atas lalu pilih Lock Object. Tujuannya untuk mengunci gambar tersebut, agar jika kita tak sengaja menyentuhnya dengan crusor gambar tersebut tidak bergeser. Lihat gambar:

4. Pilih Rectangle Tool (F6) pada menu sebelah kiri layar anda, lihat gambar:

5. Buatlah kotak persegi panjang dengan Rectangle Tool menurut lebar logo facebook tersebut. Agar tidak rancu, beri outline dengan warna merah caranya, klik kiri persegi panjang lalu klik kanan pada pallete warna merah. Untuk lebih amannya, kunci persegi panjang seperti langkah no. 3.

6. Pilih Freehand Tool (F5), lihat gambar:

7. Dengan Freehand Tool kita mulai merepro. Zoom image tersebut hingga anda leluasa untuk melihatnya.

8. Klik pada huruf logo facebook tersebut, tahan, ikuti bentuk huruf f, klik pada sudut yang anda inginkan, dan akhiri dengan klik 2x pada pertemuan titik di mana anda mengklik pertama kali, lihat gambar:

9. Setelah selesai, pilih Shape Tooll (F10), lihat gambar:

10. Klik kanan garis yang kita buat tadi, lalu pilih To Curve, lihat gambar:

11. Lalu muncul 2 anak panah diikuti garis putus-putus. Pilih salah satu anak panah dan tarik mengikuti huruf f., lihat gambar:

12. Pilih satu anak panah yang satunya mengikuti huruf f, begitu seterusnya.

13. Ulangi langkah-langkah di atas hingga terbentuk persis huruf f dan huruf a,c,e,b,o,o dan k selanjutnya hingga selesai.

14. Untuk mengecek,  klik garis persegi panjang outline merah, lalu klik kanan pilih Unlock Object (melepas kunci obyek.

15. Beri warna persegi panjang maupun huruf facebook sesuai huruf aslinya, seperti gambar di bawah ini.

16. Save file buatan anda.

17. Selesai.

Catatan: untuk kesempurnaan tiruan tergantung kecermatan dan ketelitian anda dalam merepronya.
Selamat mencoba

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian