Rabu, 21 Maret 2012

Cara menulis aksara Jawa di blog

Cara menulis aksara Jawa di blog. Menulis huruf Jawa bukan hanya bisa dilakukan office atau program grafis di komputer anda, tetapi bagi para bloggerpun bisa menulis dengan huruf aksara Jawa di blog/webnya. Sebagai contoh anda dapat melihat pada artikel saya Download sofware aksara Jawa. Di sana saya menuliskan kalimat dengan huruf Jawa yang terbaca tutwuri handayani.


Bagi anda yang suka dengan huruf Jawa ataupun yang hanya sekedar mencobanya, kali ini saya ingin berbagi bagaimana menuliskan kata atau kalimat dengan aksara Jawa di blog. Caranya sangat mudah, saya di sini menggunakan sofware carakan yang bisa di eksport ke format HTML. Jika anda tertarik untuk mencobanya berikut tutorialnya.


1. Masuk ke account blog anda.


2. Buka posting dan buat entri baru, lalu klik Edit HTML (jangan Compose).


3. Biarkan jendela posting baru anda pada mode Edit HTML.


4. Buka Carakan yang telah anda install sebelumnya. Bagi yang belum mempunyai anda bisa mendownloadnya di internet.


5. Tuliskan sebuah kalimat, misal tutwuri handayani. Ingat! jangan menggunakan huruf kapital sekalipun di awal kalimat. Bagi yang belum bisa menggunakan sofware Carakan silahkan baca artikel Cara translate huruf latin kehuruf Jawa.


6. Setelah anda mengetikkan sebuah kalimat, klik File pilih Eksport ke HTML.


Cara menulis aksara Jawa di blog


7. Silahkan beri nama, tempat anda akan menyimpannya, tampilan aksara (besar kecilnya) yang akan anda eksport. Jika sudah selesai klik Eksport.


Cara menulis aksara Jawa di blog


8. Buka hasil eksportan anda. Blok semua kodenya lalu copy.


9. Buka pastingan baru anda tadi yang masih pada mode Edit HTML, lalu pastekan semua kodenya.


10. Sekarang anda berpindah ke mode Compose, maka aksara Jawa anda telah tertulis di sana. Anda tinggal mengatur ukuran besar, tata letak dan warnanya hurufnya. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Related Posts

Cara menulis aksara Jawa di blog
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *