Cara menambah dan menghapus page coreldraw X3

Cara menambah dan menghapus page coreldraw X3. Saat anda mulai bekerja di coreldraw x3, anda akan melihat pengaturan page yang terletak di bawah lembar kerja, yang disebut page navigator. Page navigator berfungsi untuk menambah page, mengurangi page, mengganti nama page dan mengubah urutan page.

Pada kondisi default, jumlah page adalah satu dan bernama Page1. Bila anda menambah jumlah page, maka page baru tersebut akan diberi nama Page2, Page3 dan seterusnya.

Cara menambah jumlah page, klik tombol Add Page (tanda+), sehingga akan tampak page bertambah dengan nama Page2. Pada page navigator, terdapat elemen-elemen sebagai berikut:
  • First: tombol untuk memilih page yang terletak pada urutan pertama.
  • Last: tombol untuk memilih page yang terletak pada urutan terakhir.
  • Previous: tombol untuk memilih page yang terletak di sebelah kiri page aktif.
  • Next: tombol untuk memilih page yang terletak di sebelah kanan page aktif.
Selain dengan cara di atas, anda dapat menambahkan page dengan klik kanan pada salah satu nama page untuk menampilkan daftar menu pilihan sebagai berikut:
  • Menu Insert Page After: digunakan untuk menambahkan page dan meletakkannya di sebelah kanan page aktif.
  • Menu Insert Page Before: digunakan untuk menambahkan page dan meletakkannya di sebelah kiri page aktif.
Sedangkan cara menghapus page yang tidak terpakai lagi, klik kanan pada nama page yang akan dihapus dan pilih menu Delete Page.

Selanjutnya, untuk cara mengganti nama page yang akan diganti namanya, pilih menu Rename Page sehingga muncul kotak dialog Rename Page. Ketikkan nama page baru pada kotak Page Name dan klik OK.

Untuk memindah urutan page caranya dengan menggeser nama page ke posisi yang di inginkan, bagaimana cara menggesernya? mudah, klik tahan lalu seret. Misalnya saat page 1 digeser ke sebelah kanan page2, maka page2 akan bergeser ke kiri dan berubah nama menjadi page 1.

Hal ini terjadi karena page2 masih menggunakan nama page default. Maka dari itu, agar tidak bingung ada baiknya anda memberi nama pada setiap page.

Jika anda masih bingung atau mungkin terjadi kekeliruan tetapi tidak tahu cara mengembalikannya, anda dapat mengclose coreldraw X3 terlebiha dulu tanpa menyimpannya, kemudian buka kembali dari awal.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuka coreldraw dari awal, silahkan baca artikel Langkah membuka coreldraw x3 dan ruang kerjanya. Selamat mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian