Garis pandu dinamis coreldraw

Garis pandu dinamis coreldraw. Garis pandu dinamis merupakan salah satu fasilitas yang dapat membantu anda dalam menentukan posisi dan perataan objek dengan tepat, serta membantu anda saat menggambar objek dengan posisi perataan secara relatif terhadap objek lain.

Tampilan garis pandu dinamis ini bersifat sementara, di mana anda dapat menemukannya pada bagian titik snap suatu objek, seperti center, node, quadrant, edge, midpoint, intersection dan garis dasar teks (text baseline).

Cara menggunakan garis pandu

Seperti saat anda menggeser objek sepanjang garis pandu, anda dapat menampilkan jarak objek dari titik snap yang digunakan untuk membuat garis pandu dan menempatkan objek secara tepat pada posisi yang anda inginkan. anda dapat menggunakan garis pandu untuk menempatkan objek agar tampak saling berhubungan dengan objek lain.

Pada saat anda menggambar objek-objek tersebut, anda juga dapat menampilkan garis pandu yang saling berpotongan dan kemudian meletakkan objek pada suatu titik perpotongan.

Anda dapat mengaktifkan atau mematikan fasilitas garis pandu setiap saat. Untuk menggunakan garis pandu: pilih menu View lalu pilih Dynamic Guides. Atau anda dapat menggunakan perintah Shif+Alt+D atau mengklik tombol Dynamic Guides pada property bar.

CATATAN:
- Titik snap yang dapat dipilih: node, center, quadarant dan titik-titik snap garis dasar teks (text baseline) yang hanya tampil saat modus snap yang saling berhubungan aktif.

- Untuk menghilangkan tampilan garis pandu yang terlalu banyak, anda dapat membersihkan antrian titik-titik setiap saat dengan mengklik dalam jendela gambar (drawing window) atau tekan tombol Esc.

- Anda dapat menggunakan titik-titik snap yang didaftar untuk menampilkan garis pandu yang saling berpotongan. Untuk mengerjakan hal tersebut, pertama-tama anda harus menampilkan sebuah garis pandu dan kemudian memindah pointer sepanjang garis pandu di mana garis pandu yang saling berpotongan akan menampilkan dari sebuah titik snap.

Jika anda masih belum paham tentang ruang kerja coreldraw anda bisa baca artikel Langkah membuka coreldraw x3 dan ruang kerjanya. Semoga dengan begitu anda lebih cepat memahami istilah-istilah yang saya sertakan di atas, misalnya, property bar, drawing window dan lain-lain.

Cara memindah objek berdasarkan garis pandu

Langkah untuk meletakkan objek bedasarkan posisi objek yang lain adalah sebagai berikut:
  1. Dengan mengaktifkan garis pandu dinamis, pilihlah sebuah objek. Jika anda ingin memindah objek berdasarkan titik snap tertentu, geser pointer di atas titik snap tampak tersorot.
  2. Geser objek ke titik snap yang dapat dipilih dari objek tujuan.
  3. Saat titik snap dari objek tujuan tersorot, geser objek pada sepanjang garis pandu dinamis ke posisinya.

Langkah menempatkan objek pada garis pandu dinamis

Langkah untuk menempatkan objek pada garis pandu dinamis yang saling berpotongan adalah sebagai berikut:
  1. Dengan mengaktifkan fasilitas garis pandu dinamis, pilih sebuah objek. Jika anda ingin memindah objek berdasarkan titik snap tertentu, geser pointer di atas titik snap sampai titik snap tampak tersorot.
  2. Geser objek pada titik point yang dapat dipilih dari objek yang lain dan geser untuk menampilkan garis pandu dinamis. Jangan melepaskan tombol mouse.
  3. Geser objek ke titik snap lain yang dapat dipilih, dan saat titik snap tampak tersorot, geser untuk menampilkan garis pandu dinamis yang lain di mana dua garis pandu dinamis saling berpotongan.
  4. Saat titik perpotongan ditampilkan, lepaskan tombol mouse.

Cara mengatur garis pandu dinamis

Anda dapat mengatur pilihan-pilihan lain pada garis pandu dinamis. Sebagai contoh, anda dapat menampilkan garis pandu pada satu tatanan sudut atau lebih (pada suatu ukuran sudut tertentu).

Jika nilai sudut yang ditampilkan pada garis pandu dinamis nilainya terlalu besar, maka anda dapat mengubah atau mengatur atau menghapusnya apabila sudah tidak dibutuhkan lagi. Anda juga dapat menampilkan garis pandu dinamis yang merupakan tambahan dari suatu segmen garis.

Langkah utnuk menata pilihan-pilihan pada garis pandu dinamis adalah sebagai berkut:
1. Pilih perintah menu View lalu pilih Dynamic Guides Setup.
2. Aktifkan beberapa kotak cek berikut:
  • Angle Sreen Tip: digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan nilai sudut garis pandu dinamis.
  • Distance: digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan jarak dari titik snap dan digunakan untuk membuat garis pandu dinamis.
3. Ketik sebuah nilai dalam kotak Tick Spacing untuk mengubah jarak antara pembelah yang tidak tampak pada garis pandu dinamis.

4. Dalam area guides, aktifkan atau non-aktifkan kotak cek sudut untuk memilih sudut-sudut yang digunakan untuk membuat garis pandu dinamis. Saat anda mengaktifkan kotak cek sudut, sebuah tampilan sementara (preview) dari garis pandu dinamis akan tampak dalam jendela Guides preview.

5. Aktifkan kotak cek Extend Along Segment untuk membuat garis pandu dinamis yang ditambahkan pada segmen garis.

Sedangkan beberapa perintah yang perlu anda pahami adalah sebagai berikut:
  1. Untuk menon-aktikan snap pada tanda cek, caranya hilangkan kotak cek Snap to Ticks
  2. Untuk menampilkan garis pandu dinamis buatan sendiri dengan menentukan nilai sudutnya sendiri, caranya pada area Guides ketik nilai dalam kotak Degress dan klik Add.
  3. Untuk menghapus tatanan sudut, caranya klik cek sudut dalam kotak daftar dan klik Delete.
  4. Untuk menampilkan garis pandu dinamis semua sudut yang dapat digunakan, caranya klik pilihan Select All.
Sekian dulu artikel tentang garis pandu dinamis coreldraw, semoga bisa menjadikan bahan pembelajaran.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar