Sabtu, 23 Juni 2012

Cara membuat blog di WordPress.com

Cara membuat blog di WordPress.com. Wordpress merupakan sebuah sofware untuk blog yang terkenal saat ini. Yang membuat Wordpress terkenal adalah karena sifatnya yang gratis serta kode sumbernya terbuka (open source). Selain bisa diperoleh secara gratis untuk kemudian diterapkan di hosting sendiri (yang umumnya komersial), developer Wordpress juga menyediakan solusi blog ter-hosting yang bisa digunakan secara gratis pula, yaitu di WordPress.com.

Wordpress.com merupakan penyedia blog yang lumayan digemari dunia dan tak ketinggalan pula di Indonesia. Keunggulannya adalah fasilitas yang dimiliknya tetap sesuai wordpress standar dan kapasitas simpanannya sangat besar sehingga anda bisa menggunakan gambar sebanyak yang anda suka tanpa khawatir ovuerquota.

Namun demikian, karena fasilitas gratisan tentu saja ada batasannya. Antara lain, anda tidak bisa memasang semua script terutama yang mengandung JavaScript, seperti AdSense atau script yang lain. Anda juga tidak bisa memasang berbagai macam plugin untuk blog seperti halnya jika menginstal blog wordpress di server hosting sendiri.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat blog di WordPress.com yang gratis ini, berikut langkahnya:

1. Jalankan browser, kemudian ketikkan sebuah alamat URL dengan format "nama_sub_domain"WordPress.com.

Misalnya: http://komunitasonline.WordPress.com. Jika ternyata alamat URL tersebut sudah dimiliki oleh orang lain, maka anda membuka blog yang bersangkutan. Karenanya anda tidak bisa mendaftarkan nama blog tersebut. Tetapi jika alamat subdomain tersebut belum ada, anda akan diarahkan ke http://WordPress.comsigup/?new=NamaSubDomain.

2. Anda hanya perlu mengisikan password di kotak password kemudian mengkonfirmasinya di kotak Confirm. Ini berguna untuk mencegah adanya kesalahan pengetikan password.

3. Langkah selanjutnya, ketikkan alamat email di kotak Email Address. Alamat email ini diperlukan sebagai sarana verifikasi untuk membuktikan bahwa yang mendaftarkan blog di WordPress.com ini benar-benar manusia dan bukan program otomatis/robot.

WordPress.com akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang dimasukkan tersebut.

4. Beri tanda cek di check box I read and a gree to the  fascinating terms of service. Yang intinya menyetujui persyaratan dari WordPress.

5. Jangan lupa pilih juga Gimme a blog! (Like username.wordPress.com), lalu klik Next.

6. Pada form berikutnya anda bisa menentukan judul blog di kotak Blog Title. Judul blog ini akan menunjukkan kalimat utama dari blog anda.

7. Selanjutnya, anda bisa menentukan bahasa utama blog anda di kotak Language. Pemilihan bahasa ini akan menentukan bahasa antarmuka yang digunakan di WordPress.com dan bisa digunakan untuk memberi ranking di blog berdasarkan bahasa.

8. Apabila anda ingin agar search engine bisa mendeteksi blog anda, klik check I would like my blog to appear in search engine...

9. Klik Signup untuk mengirim data yang dimasukkan di form ke server untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

10. Di form ke-3, muncul tulisan yang memberitahukan bahwa pesan email sudah terkirim dan anda diminta mengeceknya. Sambil menunggu email yang dikirm, anda bisa mengisi profil dengan mengetikkan nama anda di bagian Update Your Profil! Isikan nama depan di First Nama, dan nama belakang di Last Name. Lalu deskripsi tentang diri anda di About Yourself. Klik Save Profil untuk menyimpannya.

11. Sekarang masuk ke inbox email anda dan buka email dari WordPress. Klik link yang diberikan untuk melakukan verifikasi.

12. Link dalam email akan membuka halaman web untuk mengaktifkan account WordPress anda. Artinya, anda sudah berhasil membuat blog di WordPress.com. Klik View your sites untuk melihat hasil pembuatan blog anda.

13. Selesai. Sekarang blog siap anda kelola.

Related Posts

Cara membuat blog di WordPress.com
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *