Kamis, 12 Juli 2012

Cara merawat dan menyimpan kamera agar terhindar dari jamur

Cara merawat dan menyimpan kamera agar terhindar dari jamur. Tips ini khusus buat yang punya kamera atau hobi fotografi. Asal tahu saja, udara dingin adalah musuh utama lensa kamera anda. Jika cara menyimpannya sembarangan, jangan kaget kalau begitu mau dipakai lensamu sudah ditumbuhi berbagai jenis jamur yang memudarkan kebeningannya.


Akibatnya gambar hasil jepretan juga akan berkurang ketajamannya. Otomatis untuk mengeditnya di komputer akan lebih menyulitkan anda.


Agar lensa kamera anda yang berharga tersebut tidak mudah rusak, simpanlah dalam kotak, boleh kaleng, boleh juga plastik yang selalu tertutup rapat. Sebelum kaleng ditutup, taburkanlah disekitar lensa tersebut dengan butir-butir silica gel, bahan kimia penghisap kelembapan.


Untuk mendapatkan butir-butir ini tidak terlalu susah koq, bisa dibeli di toko-toko foto yang agak besar. Harganya pun tidak mahal dibanding jika kamera anda rusak. Silicia gel yang masih baik dan kering, warnanya kebiruan.


Janganlah dibeli jika warnanya sudah kemerahan, karena itu berarti ia sudah basah karena menyerap udara lembab. Barang ini cukup dibeli sekali saja.


Jika Silicia gelmu sudah basah setelah tersimpan bersama kameramu selama beberapa bulan, keringkan saja lagi. Caranya gampang. Sangrai butir-butir silicia gel tadi di atas kompor, dalam panci atau penggorengan yang kering.


Karena dengan dipanasi, warnanya yang sudah kemerahan akan kembali membiru. Artinya, ia sudah kering dan siap dipakai kembali.

Related Posts

Cara merawat dan menyimpan kamera agar terhindar dari jamur
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *