4 tips mendirikan usaha di kampung

4 tips mendirikan usaha di kampung. Pada dasarnya, manusia normal terlahir di dunia ini adalah sama. Tak memandang apakah dia dilahirkan oleh seorang presiden atau dilahirkan sebagai anak seorang rakyat jelata. Yang Kuasa adalah adil benar adanya.

Tetapi mengapa orang setelah orang terlahir mereka menjadi berbeda-beda? Ada yang menjadi Guru, polisi ataupun petani. Itulah adilnya Yang Maha Kuasa. Manusia dikaruniai akal budi untuk mengembangkan hidupnya masing-masing. Baik tidaknya sebuah kehidupan ditentukan oleh manusia itu sendiri.

Mengembangkan diri secara maksimal bukanlah hal mudah dalam kehidupan ini. Banyak hal yang akan mempengaruhinya. Mulai dari latar belakang pendidikan, pergaulan, kebiasaan dan sebagainya.

Manusia hidup tidak harus menjadi ini dan itu, manusia diberikan wewenang mutlak untuk menjadikan dirinya sebagai apa saja. Namun, mayoritas masyarakat di sekitar saya ingin membuat anaknya menjadi seperti dirinya. Misalnya saja, orang tua yang berprofesi sebagai guru, maka dia akan berusaha menjadikan anaknya sebagai guru.

Lebih parahnya lagi keinginan ini terkadang terkesan memaksa, sehingga anaknya sendiri pun terkadang merasa tidak nyaman. Mengapa demikian? Mereka mengira bahwa dengan menjadikan anaknya sebagai guru maka hidup anaknya akan bahagia. Karena yang dia alami begitu.

Tetapi, mereka tidak memikirkan bahwa setiap manusia di dunia ini dikarunia bakat masing-masing. Bisa jadi seorang anak guru akan mengalir darah guru dalam dirinya. Tetapi itu tidak mutlak bukan? Tak usah saya jelaskan saya yakin mengerti maksudnya.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengembangkan diri dengan maksimal? Nah, untuk itu saya ingin berbagi tips bagaimana agar kita mampu berkembang dengan tenaga kita sendiri tanpa bergantung pada siapapun.

Jika anda mampu berkembang karena dengan berbagai pengalaman perjalanan yang dialami, saya yakin anda akan menjadi orang yang kuat, Anda punya pengalaman bukan meminjam pengalaman. Berikut beberapa tips pengembangan diri:

1. Bertanyalah kepada orang yang sukses
Coba tengoklan salah satu orang sukses di sekitar anda, yang kesuksesannya bukan warisan orang tua. Maksudnya, dia menjadi pengusaha sukses bukan karena dulu orang tuanya sudah kaya dan memberikan modal untuk anaknya.

Carilah orang yang sukses karena benar-benar dari usahanya sendiri. Setelah anda menemukan orang yang tepat, cobalah untuk bisa dekat dengannya, lalu carilah waktu saat dia santai, ajak dia bicara dan coba tanyakan secara detail perjalanannya mulai dari nol hingga dia menjadi sukses seperti itu.

Catatlah bila perlu, pelajari dan jadikan itu wacana. Tetapi ingat, janganlah berusaha menjadi seperti dia, karena anda punya jati diri, dan tentunya saya yakin anda justru akan kesulitan jika anda menginginkan itu.

Orang yang sukses karena usahanya sendiri yang dan berangkat dari nol besar akan lebih berpengalaman dari pada mereka yang sukses karena warisan orang tua. Sebab, orang tersebut benar-benar tahu bagaimana cara membangun sebuah pondasi hingga ia mempunyai sebuah rumah sukses.

2. Bertanyalah kepada orang yang bangkrut
Tak ada yang pantas disebut besar jika tak ada kecil, begitupun "tak ada orang yang patut disebut sukses jika tak ada orang yang bangkrut". Kebanyakan orang pastilah akan selalu mencontoh orang yang sukses-sukses saja, tetapi mereka tak menengok ke orang yang bangkrut dalam usahanya.

Orang bangkrut mempunyai segudang pengalaman pahit yang patut kita pelajari. Jika kita tahu mengapa bisa bangkrut, tentu kita akan menghindari penyebabnya. Ibarat anda naik motor, jika anda tahu bahwa 100m lagi anda tahu ada lubang pastilah anda sudah bersiap untuk menghindarinya.

Tanyalah pada orang yang bangkrut tersebut, perhatikan dan pahami secara seksama semua ceritanya. Jangan potong pembicaraannya sebelum dia berhenti dan memberikan kesempatan kepada anda untuk bertanya.

Janganlah sedikitpun mencela apa yang telah dia lakukan hingga dia mengalami kebangkrutan. Ingat! Tak ada seorangpun yang ingin mengalaminya. Kebangkrutan terjadi bukan karena sengaja, kecuali orang yang tidak waras. Catat atau rekam semua ceritanya, pahami kata-katanya meski hanya sepatah. Saya yakin kata-kata yang keluar dari seorang yang mengalami kebangkrutan biasanya mengandung makna tertentu.

Setelah selesai, janganlah anda langsung pergi begitu saja, sampaikan rasa keprihatinan anda dan berikan motivasi untuknya. Orang yang lagi bersedih akan sangat senang jika ada seseorang yang memberikan dukungan kepadanya.

3. Pertimbangkan omongan orang jika perlu
Setelah anda tahu bagaimana orang menuju sukses dan bagaimana orang yang bangkrut meski hanya sebuah cerita, tentunya anda akan bersiap melangkah mewujudkan keinginan anda. Rasa percaya diri adalah modal utama.

Biasanya, suatu langkah menuju cita-cita pasti akan banyak kendala khususnya berbagai omongan teman maupun tetangga yang bisa meluluh lantakkan semangat anda sendiri. Seperti yang pernah saya alami sendiri di kampung yang sepi ini.

Saya mendirikan usaha rental komputer di rumah saya sendiri yang terletak di tengah perkampungan berjarak sekitar 50 meter dari jalan raya. Banyak orang berkata "usaha kok di dalam kampung, nggak bakalan laku". Itulah yang tiap hari aku dengan setiap hari ketika pertama kali saya mendirikan usaha ini.

Saya tersenyum saja. Karena saya percaya, jikalau rejeki takkan lari ke mana. Setelah beberapa bulan pelan-pelan mulai banyak orang yang datang untuk menggunakan jasa saya. Setelah itu, omongan itu tak pernah terdengar kembali.

Memang letak yang strategis berpengaruh pada kelancaran suatu usaha, tetapi saya berfikir bahwa jika usaha yang kita dirikan jarang orang yang bisa menyaingi saya yakin dimanapun itu pasti dicari orang. Tak bijak rasanya jika kita tak mempedulikan saran orang lain jika perlu. Namun, terkadang tantangan lebih mengundang kenekatan bagi jiwa pengusaha.

4. Berjiwalah jujur
Dari segi apa saja kejujuran tetaplah modal utama untuk berkembang. Karena dengan kejujuran semuanya akan berjalan apa adanya tanpa manipulasi diri. Pengusaha yang jujur akan sangat disukai koleganya.

Maka selalu bersikaplah jujur agar usaha dan hidup anda tidak dibayangi berbagai hal negative yang justru akan menghancurkan apa yang mulai dirintis. Dengan kejujuran anda akan selalu tenang dalam menghadapi berbagai kendala dalam kondisi apapun.

Nah, dari keempat hal tersebut di atas semoga bisa menjadikan bahan pertimbangan jika anda ingin mengembangkan sebuah usaha yang anda ingini. Jangan takut mendirikan usaha meski itu di kampung yang sepi.


Jaman ini maju semakin pesat, suatu saat masyarakat desa akan mendapatkan apa yang mereka cari yang selama ini hanya terdapat di kota-kota besar. Salam sukses.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar