Rabu, 01 Januari 2014

Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung

Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung. Perairan yang mempertemukan pulau Nusa Ceningan dengan Lembongan disaat air surut menyuguhkan pemandangan eksotik. Ratusan perahu nelayan tertambat menebar pesona tersendiri. Perahu-perahu tersebut milik para nelayan Ceningan dan Lembongan yang digunakan untuk mencari ikan atau atau disewakan untuk wisata hilir mudik dari Ceningan ke Lembongan dan sebaliknya.

Alternatif lain dari Ceningan ke Lembongan dan sebaliknya adalah dengan melalui jembatan sepanjang 200 meter. Mobilitas penduduk kedua pulau tersebut menjadi mudah dengan adanya jembatan tersebut.

Pantai Nusa Lembongan Klungkung

Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau andalan pemda Klungkung untuk pariwisata. Berada kira-kira 11 kilometer dari Pulau Bali. Kondisi alamnya masih asli dan terjaga. Misalnya kawasan pariwisata hutan Manggrove.

Luas lahan Manggrove sekitar 200 hektar, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam menggunakan jungkung atau perahu menyusuri hutan di sisi timur pulau Lembongan. Hijaunya pemandangan alam akan memikat mata siapapun untuk melihatnya.

Pantai Nusa Lembongan Klungkung

Manggrove atau pohon bakau di pulau ini berjenis rawa dan mendengan. Hutan ini dilindungi oleh peraturan adat atau yang sering disebut awik-awik. Awik-awik adalah semacam peraturan adat yang melarang siapapun menebang pohon manggrove. Bila peraturan dilanggar sangsinya selain denda uang yang telah ditentukan juga harus menjaga dan membersihkan pura selama 1 minggu.

Hamparan pasir putih di pulau ini terlihat sangat indah. Di sana juga terdapat wisata taman laut yang dihiasi dengan indahnya hamparan terumbu karang yang asri.Pulau Lembongan termasuk dalam gugusan kepulauan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali. Memiliki panjang 4,6 km dengan lebar 1,5 km. 90% Masyarakat Lembongan menggantungakan hidupnya dengan menjadi petani rumput laut. Nusa Lembongan merupakan penghasil rumput laut laut terbesar setelah Penida.

Baca juga : Sarang walet di Nusa Ceningan

Petani setempat menanamnya di perairan dangkal antara Ceningan dan Lembongan. Jenisnya spinosum dan cotoni. Namun yang banyak dijumpai di pulau ini jenis cotoni. Selain dijadikan agar menjadi bahan dasar obat-obatan dan kosmetik.

Related Posts

Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *