Sabtu, 18 Januari 2014

Candi Borobudur penuh ukiran kuno

Candi Borobudur penuh ukiran kuno. Sudah mengetahui peta Candi Borobudur bukan? Jika sudah, segeralah meluncur ke sana. Banyak hal indah yang dapat disaksikan pada relief Candi ini. Candi peninggalan Budha yang tak ternilai harganya ini dibangun sekitar tahun 800 Masehi.

Lokasi candi terhitung luas, jika anda bermaksud mengelilingi seluruh wilayahnya siap-siap dengan minuman dan makanan, karena pastilah lelah akan menerpa. Selain luas, juga panas matahari langsung menyinari seluruh sudut candi. Jika mungkin membutuhkan payung sewalah payung yang disediakan.

Candi Borobudur 

Candi yang termasuk salah satu keajaiban dunia ini terlihat indah, baik dari jarak jauh maupun dekat. Dari jarah jauh seakan kita pergi masa kerajaan. Betapa tidak, bangunan yang yang megah nan luas berdiri dengan gagahnya seperti gugusan gunung yang diukir.

Lebih mengherankan lagi, candi yang kokoh ini didirikan pada masa kerajaan dan belum mengenal teknologi modern, tetapi hingga sekarang masih sanggup berdiri tegak meski panas dan hujan selalu menyinari dan membasahinya.

Jika kita mendekatinya maka akan terlihat berbagai bentuk ukuran stupa dari kecil hingga yang paling besar yang terdapat pada puncak candi. Setiap lorong candi terdapat berbagai ukiran batu yang unik dan indah. Jika yang membuat jaman sekarang tak mungkin tak mengherankan, namun ini di buat oleh tenaga manusia ratusan tahun silam, mengherankan bukan?

Ukiran candi Borobudur 

Tak mengherankan jika candi ini termasuk salah satu keajaiban dunia. Terakhir kali saya berkunjung tanggal 22 Nopember 2008. Saat itu ada beberapa sudut yang di renovasi. Saya lihat banyak sekali para turis yang datang ke situ. Rata-rata mereka membawa kamera, tak tahu apa yang mereka lakukan, mungkin hanya sekedar ingin mengenang mungkin juga sebagai bahan penelitian.

Lihat Peta lokasi candi Borobudur

Bangunan ini memiliki catatan sejarah yang tak terlupakan. Bagi anda yang ingin mengunjungi candi Brorobudur jangan lupa membawa kamera, meskipun hanya kamera poket. Sayang jika tak mengambil gambar dari setiap sudut candi yang indah dan mengagumkan ini.

Related Posts

Candi Borobudur penuh ukiran kuno
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *