Jumat, 24 Januari 2014

Jaringan komputer dan manfaatnya

Jaringan komputer dan manfaatnya. Jaringan komputer secara sederhana merupakan hubungan antar komputer yang berjumlah dua atau lebih. Jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer di laboratorium Bell oleh group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.


Komputer yang bersifat stand alone atau berdiri sendiri mempunyai banyak keterbatasan.Adanya jaringan komputer akan membuat komputer sanggup melakukan banyak hal sekaligu dapat membantu efisiensi dan efektivitas dalam dunia kerja.


Sebagai contoh sederhana ; dengan jaringan komputer, maka tidak perlu lagi satu komputer memiliki 1 printer, tetapi dengan cukup satu printer saja bisa digunakan oleh beberapa komputer secara bersama tanpa harus memindahkannya setiap saat akan mencetak.


Contoh lain manfaat dari jaringan komputer adalah pemanfaatan Internet secara bersama, sehingga tidak perlu lagi untuk 1 unit komputer dengan satu modem dan dengan satu line telepon. Dengan adanya LAN, cukup dengan 1 modem dan satu line telepon saja yang terpasang pada 1 komputer bisa digunakan koneksi Internet untuk beberapa unit komputer.


Sisi kecil lain yang dapat dilihat manfaat adanya jaringan komputer adalah pertukaran data, sehingga tidak perlu lagi menggunakan media penyimpan seperti disket ataupun flash disk dalam melakukan pemindahan data.


Perkembangan lain dari jaringan komputer dari sisi bisnis adalah memanfaatkan pelaporan data dan monitoring perkembangan bisnis, seperti kontroling peningkatan target penjualan barang, ataupun adanya jumlah dana yang masuk ke dalam kas. Kontroling tersebut dapat dilakukan dari luar kota bahkan luar negeri dengan memanfaatkan jaringan komputer tersebut. Selengkapnya dapat dilihat pada artikel Bisnis memanfaatkan jaringan LAN.



Manfaat Jaringan komputer


Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan adanya jaringan komputer antara lain seperti berikut



1. Sharing Data


Dengan adanya fasilitas ini, setiap komputer dapat menggunakan data pada komputer lain sehingga akan menghemat waktu dan memudahkan suatu pekerjaan, terlebih lagi jika jarak antar komputer berjauhan. Fasilitas yang mendukung dalam pertukaran data tersebut kita kenal memiliki aneka jenis, seperti Web Server, FTP Server, Mail Server, dan lain-lain.



2. Sharing Hardware


a. Sharing Media Penyimpan


Dengan adanya LAN, pemakaian secara bersama media penyimpan seperti hard disk, disket, ataupun flash disk akan mudah dilakukan. Fasilitas ini membuat pekerjaan akan lebih cepat dan menghemat biaya.


b. Sharing Printer


Seperti yang dijelaskan di atas, pemakaian printer secara bersama jelas menghemat biaya dalam pembelian printer karena cukup satu printer saja dapat digunakan oleh beberapa komputer. Selain itu dapat mempercepat pekerjaan dalam mencetak dokumen.



3. Sharing Internet


Pemakaian Internet secara bersama jelas menghemat biaya karena seperti yang dijelaskan di atas bahwa dengan adanya jaringan komputer seperti LAN, kita cukup menggunakan satu buah modem dan line telepon ataupun line VSAT untuk koneksi ke Internet bagi beberapa komputer.

Related Posts

Jaringan komputer dan manfaatnya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *