Senin, 20 Januari 2014

Peluang kerja mandiri tanpa ijazah

Peluang kerja mandiri tanpa ijazah. Halo sahabat, lama sekali Enjangcom tidak mengulas motivasi yang merupakan salah satu deskripsi dari blog ini. Nah, kali ini saya akan mencoba memberikan motivasi bagi para sahabat yang bingung mencari pekerjaan hanya karena tidak memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi tertentu. Misalnya saja seperti saya yang hanya lulusan sekolah menengah atas.

Jaman sekarang lulus dari sekolah apa saja bukanlah sebuah janji untuk langsung bekerja dengan hasil yang memuaskan. Memang, pada hakekatnya bersekolah bukanlah tujuan utama untuk mencari pekerjaan. Tetapi bagi kebanyakan orang berfikir, bahwa memiliki selembar ijazah kelulusan dari suatu sekolah atau universitas merupakan senjata untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, apakah yang mereka dapati setelah mendapatkan ijazah? Emm.. tak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Pontang-panting sana-sini, lamar kesana-kemari tak mendapatkan seperti yang diinginkan.

Cobalah lihat orang-orang di sekitar, mereka selalu mengekor. Jika ada seseorang yang dipandang kaya karena pekerjaannya maka dengan berbondong-bondong merekapun mengikutinya. Sebagai contoh, saat ini Pegawai Negeri merupakan idaman bagi setiap orang. Dengan berbagai cara orang tua berusaha membeayai anaknya agar selesai di bangku kuliah. Setelah itu diharapkan bisa berwiyata bhakti di sebuah sekolah yang dengan waktu tertentu akan diangkat menjadi PNS.

Bagaimana dengan pendapat anda, begitu pulakah? Setiap orang punya cara pandang yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakangnya masing-masing. Bagi yang memiliki biaya mungkin dengan mudah menyelesaikan pendidikannya sampai ke jenjang yang diinginkan. Lalu bagaimana bagi mereka yang hidup pas-pasan?

Memiliki gelar dan ijazah bukanlah satu-satunya jalan untuk bisa bekerja yang nantinya akan membawa ke jalan sukses dalam materi. Mengapa saya bilang sukses dalam materi? Karena topik pada artikel ini merujuk pada pekerjaan yang tentunya untuk mendapatkan uang yang bisa digunakan menopang kebutuhan ekonomi keluarga.

Sesuai dengan judul di atas, banyak sekali pekerjaan ditawarkan bagi yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Memiliki kepandaian khusus dalam bidang tertentu tidak wajib sekolah dengan lulusan S1, S2 atau lainnya, tetapi dengan otodidak pun seseorang bisa menekuni hoby tertentu yang nantinya bisa menghasilkan uang.

Sebagai contoh, saya sendiri hanya lulusan dari sebuah SMA di kabupaten Wonogiri yang bisa menghasilkan uang dari pekerjaan menabuh gamelan. Mengiringi lagu-lagu campursari hoby saya yang dipandang kuno oleh para remaja saat yang bingung mencari pekerjaan.

Selain itu, saya juga boby utak-utik teknologi modern terutama komputer. Mulai dari servis komputer hardware/sofware, sablon kaos hingga membuat blog di internet seperti di blog saya ini.

Bukannya saya memamerkan apa yang saya bisa, namun saya ingin anda mengubah cara pandang anda bahwa hanya orang-orang dengan lulusan sekolah tinggi yang bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Kita sebagai anak tanpa embel-embel gelar sarjana pun hanya dengan modal ketekunan bisa menjadi sumber penghasilan.

Nah, bagaimana masih ada keraguan? Bagi anda yang hanya lulusan SMA, SMP, SD dan bahkan tak sekolahpun saya harapkan tidak mengklaim diri bahwa anda tidak bisa apa-apa. Banyak pekerjaan bergengsi yang dapat diraih dengan kesungguhan.

Kerja mandiri tanpa ijazah

Berikut saya contohkan beberapa pekerjaan yang mungkin bisa membuka wawasan untuk menekuninya.
1. Komputer
Coba anda diam sejenak dan renungkan. Di era jaman serba canggih sekarang ini apa yang tidak tersentuh dunia komputer? Dengan komputer kita bisa mengembangkan banyak hal yang nantinya bisa diberdayakan untuk membuka lapangan kerja. Dari hal yang saya jalani, pengetahuan komputer dapat kita pecah menjadi beberapa pekerjaan, misalnya :

a. Servis komputer
Komputer bisa dibilang rumit jika menyangkut pemrograman. Tetapi untuk melayani masyarakat awam yang menyangkut servis ringan baik sofware maupun hardware bisa dipelajari. Misalnya jasa install ulang dan servis hardware ringan. Menginstal ulang komputer/laptop tidak sesulit yang anda bayangkan. Dengan serius hal ini mudah dilakukan.

Sedangkan yang berhubungan dengan hardware sendiri juga tidak rumit, karena jika ada hardware yang rusak kita bisa coba menservisnya terlebih dahulu. Jikalau sudah mentok harus diganti dengan yang baru.

b. Desain grafis
Dengan coreldraw dan photoshop kita bisa membuat berbagai bentuk desain yang nantinya bisa dicetak pada printer, digital printing cutting sticker dan sebagainya. Memang tidak hanya kedua program ini, masih banyak program desain grafis yang lain, tetapi karena saya sedikit banyak menguasainya secara otodidak maka saya menyertakannya.

c. Sablon
Hasil setting dicoreldraw dapat diwujudkan ke berbagai bentuk sablon. Sebelumnya telah saya bahas di artikel Label Sablon Kaos. Jika berminat silahkan pelajari.

d. Internet marketing
Tak perlu saya jelaskan di sini apa itu internet marketing, si embah sudah menyediakan semuanya. Membuat blog di blogger seperti blog ini dan mengisinya dengan artikel yang bermanfaat bagi pembaca dapat mendatangkan rejeki bagi setiap orang yang menekuninya yang di sebut Google Adsense.

Blogger adalah milik google, di sana telah disediakan tawaran untuk menguangkan blog anda sendiri. Cara gampangnya kita bekerja kepada google secara freelance (pekerja lepas) yang disebut publisher dan nantinya akan di bayar sejumlah uang menurut hasilnya dan akan dikirimkan melalui western union.

Tetapi, untuk mendapatkan persetujuan adsensense butuh kesungguhan dan ketekunan. Tidak sembarang blog begitu saja diterima, banyak syarat yang harus dipenuhi. Namun, rasanya tak ada yang sulit jika kita punya tekad untuk mempelajari. Sebagai gambaran silahkan lihat artikel saya Berulangkali ditolak google adsense.

e. Warnet dan rental
Untuk usaha ini perlu membutuhkan dana yang lebih, karena mau tidak mau kita harus menyediakan beberapa komputer. Untuk mendirikan warnet saya sarankan di tempat yang mendukung, karena kemajuan ponsel pintar seperti android sudah dapat mengakses internet dengan mucah. Sedangkan rental komputer sepertinya masih mendapatkan peluang, karena tidak semua orang memiliki komputer/laptop sendiri.

2. Penata rambut
Keahlian menata rambut sekarang ini tidak dimonopoli oleh wanita saja, malahan sederet penata rambut pria yang merajai bidang ini. Bisnis di bidang ini tidak pernah bakal punah. Sekarang bukan hanya semaja putri, anak-anak, kaum ibu, kaum bapak semuanya keranjingan ke salon. Sebagai contoh saja Rudy Hadisuwarno.

3. Menjahit
Keahlian menjahit tidak sekedar jadi tukang jahit saja, tetapi bisa jadi sumber rejeki. Saat ini usaha konveksi sudah merebak di daerah, pelosok tidak hanya di kota-kota besar saja. Kita bisa membuka usaha atau pabrik kecil-keilan. Jika belum ada modal jadilah penerima jahitan tetapi dengan mutu yang bagus. Atau anda bisa juga menjadi desainer, perancang busana.

4. Bertani jamur
Bertani jamur dianggap sebagai tambang emas baru, karena banyak keuntungannya. Biaya produksi tak terlalu mahal penjualan lancar. Penggemar jamur akhir-akhir ini makin meningkat, karena rasanya lezat dan berprotein tinggi. Jika ada minat anda bisa membaca tips-tipsnya di berbisnisjamur.com.

5. Musik
Kursus musik sudah menjamur di mana-mana. Belajarlah satu jenis alat musik sampai mendalam dan tuntas. Anda bisa kursus gitar, keyboard dll. Dunia hiburan takkan pernah sirna, semua orang butuh hiburan. Seperti sudah saya singgung di atas, saya sebagai penabuh gamelan campursari di kampung saja bisa mendapatkan rejeki. Duduk paling lama 5 jam, main gamelannya paling 3 jam, dapat rokok, makan, pulang diamplopi he he..

6. Memelihara burung
Demam burung terasa akhir-akhir ini. Seekor burung kecil saja bisa dihargai ratusan hingga jutaan rupiah. Karena saya sendiri bukan pengemar burung jadi tak tahu persis burung apa yang laku he he... Silahkan cari di google, semuanya tersedia.

7. Memasak
Jika mau belajar memasak makanan sehari-hari memang cukup pada ibu, tapi membuat masakan standar internasional seperti di restaurant atau hotel-hotel harus dipelajari di lebih dalam. Kemahiran ini dapat berguna untuk menjual jasa sebagai ahli masak (koki) yang gajinya mencapai jutaan rupiah. Atau jika tidak bisa membuka rumah makan sendiri.

8. Meramu jamu
Mungkin agak aneh mendengar bahwa meramu jamu harus melalui pelatihan segala. Padahal mbak tukang jamu gendongan mahir segala macam jamu galian. Jika ingin lebih menekuni bidang ini bisa sekolah jamu, semuanya akan dibahas secara rinci, sehingga anda akan menjadi peramu jamu profesional.


Bukan itu saja, saya hanya mencontohkan 8 pekerjaan yang bisa ditekuni tanpa harus sekolah dengan beaya tinggi. Bila anda kreatif masih banyak sekali lapangan pekerjaan yang bisa diciptakan. Sesekali berjalan-jalanlah ke luar daerah, lihatlah di sepanjang jalan yang di lewati. Mungkin bisa menjadikan inspirasi Peluang kerja mandiri tanpa ijazah.

Related Posts

Peluang kerja mandiri tanpa ijazah
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *