Selasa, 21 Januari 2014

Waduk Gajah Mungkur di kota gaplek

Waduk Gajah Mungkur di kota gaplek. Kata wonogiri sendiri berasal dari kata Jawa, wono artinya alas atau hutan dan giri berarti gunung. Maka dari itu hampir semua wilayah kabupaten ini berupa hutan dan gunung. Tetapi meski demikian, bukan berarti tidak memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi. Kabupaten yang dijuluki kota gaplek ini memiliki sebuah waduk yang bernama waduk Gajah Mungkur.

Waduk tersebut dahulu di buat pada masa orde baru dengan menenggelamkan 12 kecamatan. Bisa dibayangkan seberapa luasnya. Lalu ke mana penduduk penghuni 12 kecamatan itu? Menurut cerita oleh pemerintah mereka di transmigrasikan ke Sitiung Sumatra.

pinggir waduk gajah mungkur 

Namun, bagi yang tidak mau bertransmigran memilih tinggal di pinggiran waduk hingga sekarang. Ada yang menjadi penjual ikan, petani dan masyarakat biasa. Sekarang di sepanjang jalan menuju waduk telah ramai di huni penduduk. Di sekitar waduk sendiri banyak berdiri rumah makan dengan menu nila.

Salah satu rumah makan lesehan yang terkenal adalah Pak Glinding, selain masakannya paling enak di antara lainnya tempatnya pun menyenangkan. Sambil makan pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan waduk Gajah Mungkur. Semilir angin yang bertiup menambah nikmatnya menyantap hidangan.

bendungan waduk gajah mungkur 

Di pinggir waduk juga terdapat kebun binatang mini, seperti gajah, monyet, ular dan lain-lain. Bagi anak-anak juga disediakan waterboom, jadi bagi yang berwisata ke tempat ini dijamin betah. Selain waduk Anda juga bisa menyaksikan indahnya bendungan waduk yang berada di pinggir kota Wonogiri.

Ingin berlama-lama dan menginap di Wonogiri? Silahkan baca dua artikel hotelk di bawah ini :


Bagi yang berminat mengunjungi Waduk Gajah Mungkur tetapi belum tahu jalur atau posisinya, bisa di lihat pada peta di bawah ini.



Selamat datang di "Wonogiri Sukses" kota gaplek.

Related Posts

Waduk Gajah Mungkur di kota gaplek
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *