Selasa, 25 Februari 2014

Membuat kertas transparan untuk sablon dengan minyak goreng

Membuat kertas transparan untuk sablon dengan minyak goreng. Kertas transparan berguna ketika nanti kita akan membuat film sablon. Jika memiliki kertas kalkir dan printer laserjet tentunya hal ini tidak perlu dilakukan. Karena kertas kalkir sudah transparan, sehingga ketika diprint dengan printer laser jet langsung bisa digunakan untuk pembuatan film pada screen.

Lalu bagaimana jika kita hanya memiliki printer biasa dan tidak memiliki kertas kalkir? Mudah! Kita hanya membutuhkan kertas hvs dan minyak goreng, yang tentunya cara ini lebih irit dibanding menggunakan kertas kalkir. Berikut langkah membuat kertas transparan dengan minyak goreng :

1. Setelah selesai mensetting gambar, printlah gambar tersebut dengan menggunakan kertas HVS biasa 60 gram. Mengapa 60 gram? Ini hanya rekomendasi saya karena pengalaman, dengan ukuran ini kertas lebih tipis dan lebih mudah ditembus cahaya.

2. Kemudian, lumuri kertas dengan minyak goreng yang bersih secara merata. Usahakan yang baru, selain bersih cairan minyaknya bening, sehingga diharapkan hasilnya lebih memuaskan. Karena kotoran sekecil apapun natinya akan mengganggu hasil film.

3. Setelah dilumuri secara merata, jemurlah sebentar agar tidak terlalu basah.

4. Setelah kering kertas siap digunakan untuk membuat film sablon.

Mungkin anda ingin mencoba? Bagi yang masih pemula dan ingin sekedar praktek bisa di lihat tutorial Membuat film sablon.

Related Posts

Membuat kertas transparan untuk sablon dengan minyak goreng
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *