Sabtu, 15 Maret 2014

4 jaringan penyambung pada hewan

4 jaringan penyambung pada hewan. Jika sebelumnya sudah kita bahas jaringan epitelium, kali ini akan dibahas tentang jaringan penyambung. Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang tidak begitu rapat dan berada dalam matriks (bahan ekstraseluler) yang dihasilkan oleh sel-sel itu. Jaringan penyambung dibedakan menjadi empat bagian, selengkapnya sebagai berikut :

Jaringan penyambung pada hewan
1. Jaringan tulang rawan dan jaringan tulang
Merupakan jaringan penunjang yang berfungsi memberi kekuatan dan melindungi bagian-bagian tubuh yang lemah. Matriks pada tulang rawan adalah suatu campuran protein polisakarida yang disebut kondrin. Sedang matriks pada tulang berisi kolagen dan endapan mineral yang terutama berupa kalsium fosfat dan kalsium karbonat.

2. Jaringan pengikat
Merupakan jaringan yang berfungsi mengikat bagian-bagian tubuh. Jaringan pengikat yang menghubungkan otot dengan tulang disebut tendon. Matriks pada tendon berupa kolagen. Jaringan pengikat yang mengaitkan satu tulang yang lainnya disebut ligamen. Matriks ligamen selain berisi serat-serat kolagen juga mengandung protein elastin sehingga memungkinkan terjadinya tarik-menarik.

3. Jaringan lemak
Merupakan jaringan penyambung yang sel-selnya penuh dengan lemak. Berfungsi menimbun lemak netral yang berupa titik-titik lemak cair. Jaringan lemak membentuk bantalan lunak dan elastis yang terdapat di antara berbagai organ dalam tubuh.

4. Darah dan Limfa
Merupakan jaringan yang membantu transportasi dan distribusi bahan-bahan di dalam tubuh. Darah dan limfa terdiri atas cairan plasma yang berisi sel-sel bebas.

4 jaringan penyambung pada hewan
4 jaringan penyambung pada hewan

Related Posts

4 jaringan penyambung pada hewan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *