Jumat, 14 Maret 2014

4 pengertian teori sel

4 pengertian teori sel. Makhluk hidup ada yang berupa sel tunggal, berupa koloni sel-sel dan ada pula yang dibangun oleh banyak sel. Kata sel berasal dari penemuan Robert Hooke pada tahun 1665, seorang ahli fisika dan matematika bangsa Inggris. Ia mengamati sayatan gabus (kulit pohon Quercus suber) dengan mikroskop sederhana dan ia melihat adanya petak-petak kecil seperti sarang lebah yang kemudian disebutnya sel.

Setelah penemuan Robert Hooke ini, beberapa ahli yang hidup sesudah zamannya mencoba melakukan penyelidikan terhadap sel. Dari hasil penyelidikan dan pendapat para ahli, maka teori sel dapat disimpulkan dalam 4 pengertian, berikut infonya :

1. Sel merupakan satuan struktural makhluk hidup
Teori ini lahir setelah Schleiden (1804-1881) dan Theodore Schwann (1810-1882) mengadakan pengamatan berulang kali terhadap sel-sel pada jaringan hewan dan tumbuhan dengan meikroskop, kemudian menyatakan bahwa semua makhluk hidup disusun oleh sel-sel.

2. Sel merupakan satuan fungsional makhluk hidup
Teori ini lahir setelah Max Schultze (1825-1874) menegaskan bahwa protoplasma merupakan dasar-dasar fisik kehidupan. Di dalam sel-sel semua fungsi kehidupan berlangsung. Fungsi-fungsi makhluk hidup merupakan akibat aktivitas-aktivitas seluler makhluk hidup tersebut.

3. Sel merupakan satuan reproduksi makhluk hidup
Teori ini lahir setelah Rudolf Virchow (1858) menyatakan bahwa semua sel berasal dari sel-sel yang telah lebih dahulu. Pada makhluk hidup bersel banyak, sel-sel penyusunnya dihasilkan melalui proses pembelahan sel-selnya.
Baca juga: 3 pokok bagian sel

4. Sel merupakan satuan hereditas makhluk hidup
Teori ini lahir setelah diketahui bahwa susunan kromosom dalam sel-sel makhluk hidup selalu sama, juga pada keturunannya. Penurunan faktor pembawa sifat suatu individu kepada keturunannya terjadi melalui reproduksi sel.

Related Posts

4 pengertian teori sel
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *