Senin, 09 Juni 2014

Cara mendefrag windows 7 tanpa sofware

Cara mendefrag windows 7 tanpa sofware. Pernahkah anda merasa kinerja komputer menjadi lambat dan terlalu lama loading untuk membuka sebuah file? Ada banyak faktor penyebab terjadinya hal tersebut, salah satunya adalah file system yang crash.

Bagi yang belum paham, file system crash adalah terjadinya file ngacak tak beraturan, sehingga kinerja komputer pun terganggu.Untuk itu langkah pertama yang bisa diambil adalah scan dulu komputer dengan antivirus.

Bagi yang menggunakan antivirus gratisan saya sarankan menggunakan yang ringan saja seperti smadav, saya kira sudah cukup menjaga kesehatan komputer. Jika sudah tetapi perubahan hanya sedikit anda bisa mendefragnya.

Apa itu mendefrag? Mendefrag adalah menata ulang seluruh file system yang ada pada windows. Secara logika saja dapat dibayangkan, jika anda bekerja dengan banyak alat terkadang peralatan tidak diletakkan pada tempatnya, sampah pekerjaan pun berserakan dimana-mana tanpa anda menatanya. Nah, hal ini dapat mengganggu kinerja komputer, loading menjadi lama dan pekerjaan anda pun terbengkalai karena terlalu lamanya kinerja windows.

Untuk mendefrag windows 7 tidak perlu repot-repot mencari program yang ada diinternet. Anda bisa melakukannya dengan mudah karena telah disediakan windows itu sendiri. Cara ini nanti dapat anda gunakan pula pada semua versi, yaitu windows XP, windows Vista, windows 7 dan windows 8.

Langkah mendefrag windows 7 tanpa sofware

Untuk menata file system windows (defrag) langkahnya sebagai berikut:
1. Buka Windows Explorer.
2. Selanjutnya, biasanya system terinstal pada Disk C, maka klik kanan Disc tersebut dan pilih Properties.
3. Pada jendela baru pilih Tool, kemudian lihat ke bawah dan klik Defragment now.
4. Anda akan diantar kejendela Disk Defragmenter. Pilih Disc C dan klik Defragment Disk.
5. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar selesai.

CATATAN: Jika system Disk C telah selesai didefrag, selanjutnya anda juga dapat melakukan hal yang sama pada Disk D, E dan yang lainnya.

Semoga dengan cara ini, komputer anda berjalan lebih ringan lagi.

Related Posts

Cara mendefrag windows 7 tanpa sofware
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *