Sabtu, 21 Juni 2014

Cara mengatasi windows vista berjalan lambat

Cara mengatasi windows vista berjalan lambat. Ada banyak penyebab mengapa sistem windows berjalan lambat. Berikut penyebabnya :

Penyebab windows vista berjalan lambat

1. Sistem dual-boot atau multi boot

Jika komputer disetup untuk dua sistem operasi atau lebih, terkadang dapat menyebabkan operasi windows vista berjalan lambat. Kita dapat mengusahakan untuk memilih urutan boot sehingga hanya satu sistem operasi saja yang akan di-start saat komputer dihidupkan. Langkahnya sebgai berikut:
  1. Klik Start > Control Panel > System anda Maintenance > System.
  2. Pilih Advanced System Settings. Jika diminta memasukkan password masukkan password anda.
  3. Pilih tab Advanced.
  4. Pilih Setting under Startup and Recovery.
  5. Di bawah kategori System startup, akan ditemukan daftar sistem operasi default. Pilih yang ingin kita gunakan untuk start komputer.
  6. Klik OK dan tutup semua jendela.

2. Menggunakan startup repair

Jika anda yakin rendahnya performansi vista bukan disebabkan hardware atau virus, kita dapat mencoba menjalankan fitur Startup Repair untuk memperbaiki file sistem yang korup atau bermasalah. Dibutuhkan DVD/CD instalasi Vista untuk pemecahan ini.

3. Menggunakan sytem file checker (SFC)

Jika kita menghadapi pesan-pesan lockup atau error saat menggunakan aplikasi-aplikasi windows, coba jalankan tool System File Checker untuk memindai file-file yang korup dalam sistem operasi.

Jika SFC menemukan beberapa file yang korup, SFC akan mengganti file-file yang korup tersebut dengan versi file-file yang "diketahui baik". Bagaimana cara menggunakan file checker (SFC)? Berikut caranya:
  1. Pergi ke menu Start.
  2. Dalam field Search, ketik cmd.
  3. Klik kanan entri cmd.
  4. Pilih Run as administrator. Lalu lanjutkan dengan prompt-prompt berikutnya.
  5. Pada prompt perintah, ketik perintah: sfc /scannow, susul dengan tekan Enter.

3. Menggunakan Safe Mode

Safe Mode merupakan tool diagnosa (diagnostic) untuk penelusuran masalah-masalah startup sistem dan performansi. Saat men-star sistem dalam Safe Mode, windows Vista hanya akan menjalankan setting default windows, layanan-layanan, peranti-peranti dan driver-driver dasar saja.

Jika sistem baik-baik saja saat dijalankan dalam Safe Mode dan bermasalah dalam mode normal, kita dapat membuang beberapa setting default yang dicurigai penyebab masalah.

Untuk mengakses Safe Mode, tekan F8 pada keyboard saat windows booting.Baca juga : Mempercepat waktu boot windows dan Mempercepat Loading Windows Menu

Related Posts

Cara mengatasi windows vista berjalan lambat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *