Sabtu, 21 Juni 2014

Mengatasi Troubleshoot windows vista

Mengatasi Troubleshoot windows vista. Troubleshoot komputer Vista yang bermasalah dapat menjadi tugas berat sehubungan kompleksnya kemungkinan konfigurasi sofware dan hardware dalam mesin.

Meski begitu, ada beberapa tahapan dasar dalam menelusuri dan memecahkannya. Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, yaitu:

Langkah mengatasi Troubleshoot windows vista

1. Mengecek spesifikasi dasar

Sebelum menuju penelusuran-penelusuran masalah, penting kiranya mengecek ulang spesifikasi hardware komputer, sehingga kita dapat memastikan bahwa sumber masalah bukan dari rendahnya spesifikasi hardware. Sebagai pedoman, kebutuhan dasar spesifikasi hardware untuk mensupport windows vista minimal adalah sebagai berikut:

- Prosesor: 800MHz, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64). Direkomendasikan 1GHz, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
- Memory system: 512 MB direkomendasikan 1 GB.
- GPU: SVGS (800x600) direkomendasikan SVGA (1024x768).
- Memory grafis: 64MB direkomendasikan 128 MB aero compatible.
- Hard Drive: 20GB direkomendasikan 40GB.
- Spasi kosong Hard Drive 15GB.
- Drive Optik: CD-Room direkomendasikan DVD RW.

2. Memanggil system restore

Jika anda tidak tahu bagaimana harus memulai dan tidak memiliki gambaran mengapa terjadi trouble seperti yang dihadapi, solusi pertama yang bisa ditempuh adalah memanfaatkan System Restore untuk mengembalikan sistem ke kondisi normal sebelumnya, sebelum terjadinya masalah.

Untuk menggunakan System Restore langkahnya sebagai berikut:
  1. Klik Start.
  2. Pilih All Programs.
  3. Pilih Accessories.
  4. Pilih System Tool
  5. Pilih System Restore

3. Pengecekan memori

Windows vista akan senantiasa memonitor ketersediaan memori, dan akan memberitahu kita saat terjadi error. Namun, walau begitu untuk tujuan Troubleshooting, ide yang baik jika secara berkala kita menjalankan Windows Memory Diagnostic Tool secara manual untuk memeriksa ketersediaan memori. Langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih System anda Maintenance
  3. Pilih Administrative Tools
  4. Pilih Memory Dianostic Tool (mungkin akan dipersilahkan mengisi password administrator)
Pilih opsi "You can restart you computer dan run the tool immediately".Ketika proses diagnostic selesai, kita akan tahu apakah permasalahan yang terjadi berkaitan dengan memori atau tidak.

4. Pengecekan harddisk (CHKDSK)

Pada kebanyakan kasus, permasalahan harddisk disebabkan oleh file-file sistem yang korup atau rusaknya fisik harddisk. Untuk mengidentifikasikannya, lakukan scan drive-drive. Caranya sebagai berikut:
  1. Pergi ke Start > Computer
  2. Klik kanan harddisk yang ingin dites
  3. Pilih Properties
  4. Pilih tab Tools
  5. Klik tombol Check Now di bawah Error-Checking. Mungkin akan dipersilahkan mengisi password administrator. Pilih opsi "Automatically fix file system errors" untuk memindai (scan) disk dan secara otomatis memperbaiki error-error file sistem. Atau pilih "Scan for and attempt recovery of bad sectors" untuk memindai disk dan berusaha mengatasi bad sector.
  6. Klik Start untuk memulai proses.
Bergantung pada besarnya harddisk dan kecepatan komputer, proses ini akan memakan waktu berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih baik hindari penggunaan komputer selama proses ini berlangsung.

5. Penanganan peranti-peranti

Dianjurkan kita selalu memperhatikan kompatibilitas peranti-peranti (device). Jika terjadi masalah saat menginstal peranti baru ke komputer, kemungkinan besar driver untuk peranti tersebut tidak kompatibel dengan windows vista.

Men-download driver terbaru (versi update) dari situs resmi pabrik biasanya dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Jika tidak ditemukan update driver yang dimaksud, sebaiknya peranti jangan dipasang. Lakukan reboot Vista dan perhatikan apakah error muncul lagi.

6. Penanganan sofware

Sofware-sofware yang dirancang berjalan dalam windows XP biasanya akan berjalan dengan baik pada windows vista. Meski begitu, beberapa program lama dapat berjalan lambat atau tidak sama sekali. Kita dapat mencoba menjalankan program tersebut, atau menggunakan tab Compatibility program.

Jika masih tidak bisa menjalankan sofware dalam lingkungan vista mungkin saatnya mengganti program tersebut dengan versi lain. Atau jika program sangat vital untuk kepentingan bisnis, bangun dual-boot vista dengan versi windows lama yang bisa menjalankan program tersebut.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas biasanya kita akan tahu langkah apa yang harus diambil untuk mengatasi Troubleshoot windows vista.

Related Posts

Mengatasi Troubleshoot windows vista
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *