Sabtu, 14 Juni 2014

Modifikasi lingkaran, elips busur dan irisan

Modifikasi lingkaran, elips busur dan irisan. Secara sekilas saya pernah membahas bagaimana cara menggambar objek lingkaran dan elips, selanjutnya kita lanjutkan belajar mengolah lingkaran, elips busur dan irisan.

Untuk menggambar elips atau lingkaran,  pilih Elips tool, mulai dari posisi pusat ke arah luar adalah dengan tombol bantu Shift untuk membentuk elips dan gunakan tombol bantu Shift+Ctrl untuk membuat lingkaran bulat.

Selanjutnya, untuk menggambar busur, buka flyout Ellips, dan klik tombol Ellipse. Klik tombol Arc pada Property bar. Geser dalam jendela gambar sampai gambar busur terbentuk.

Dan untuk menggambar irisan, buka flyout Ellipse dan klik tombol Ellipse. Klik tombol Pie pada Property bar. Geser dalam jendela gambar sampai gambar irisan terbentuk.

Anda dapat mengubah arah busur atau irisan yang terpilih dengan mengklik tombol Clockwise/Counterelockwise Arcs or Pie pada property bar.

Anda juga dapat memaksakan perpindahan node pada nilai sudut 15 derajat atau kelipatannya dengan menekan dan menahan tombol Ctrl saat menggeser mouse.

Langkah untuk membuat irisan, geser node elips ke bagian dalam elips. Untuk membuat busur, geser node ke bagian luar elips.


Video tutorial modifikasi lingkaran, elips busur dan irisan

Berikut video tutorialnya :


Semoga berguna

Related Posts

Modifikasi lingkaran, elips busur dan irisan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *