Sabtu, 19 Juli 2014

Cara memotong sebagian foto dan mengolahnya

Cara memotong sebagian foto dan mengolahnya. Pernahkah anda ingin memotong sebagian kecil saja atau sebagian besar dari sebuah foto? Misal anda ingin mengambil, tangannya saja, kepalanya saja atau bagian yang lain. Dengan photoshop anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

Tool yang disediakan photoshop ada beberapa untuk menggarap ini. Tetapi, kali ini saya ingin memberikan tutorial memotong sebagian foto menggunakan Polygonal Lasso Tool. Saya memilih ini karena kita dengan mudah dapat memotong suatu foto/image dengan benyak sudut.

Nah, jika anda tertarik langsung bisa dipraktekkan, berikut panduannya:

1. Buka photoshop Cs3 dan ambil sebuah foto yang diinginkan.

2. Klik Polygonal Lasso Tool atau tekan huruf L pada keyboard.

3. Mulailah menyeleksi obyek yang diinginkan. Misalnya mata seperti gambar di bawah. Caranya, klik sekali untuk memulai, dan klik untuk mengakhiri. Maka seleksi akan terhubung dengan sendirinya.

4. Klik Move Tool (V), lalu tekan Ctrl+J pada keyboard. Lihat pada layer, di sana ada 2 layer. Seleksi yang anda kerjakan menjadi layer tersendiri.

5. Selanjutnya, mungkin anda ingin memodifikasi potongan image. Misalnya saja kita ingin membuat mata tersebut tampak bersinar di sekelilingnya. Maka yang kita lakukan adalah menghapus tepi mata yang tidak diinginkan. Untuk itu gunakan Eraser Tool. Untuk mempermudah penghapusan tepi mata, ada baiknya sembunyikan layer background dengan mengklik icon mata.

6. Setelah bersih, klik kembali ikon mata pada layer background agar tampak.

7. Pastikan layer 1 masih terseleksi. Pilih menu > Layer > Layer Style > Outer Glow.

8. Atur sesuai keinginan anda dengan memilih atau menarik slider yang ada. Misal kita atur seperti gambar di bawah:

9. Jika sudah klik OK untuk mengakhiri. Maka hasil yang diperoleh seperti ini:

Bagaimana mudah bukan?

Video tutorial cara memotong sebagian foto dan mengolahnya

Bukan itu saja, anda dapat menarik maupun memindahkan maupun memodifikasi sedemikian rupa potongan image tadi sesuai keinginan.Sebagai pelengkap, berikut video tutorialnya :


Semoga mempermudah pembelajaran anda tentang photoshop.

Related Posts

Cara memotong sebagian foto dan mengolahnya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *