Rabu, 13 Agustus 2014

Ciri dan sifat Bryophyta

Ciri dan sifat Bryophyta. Banyak kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar klasifikasi makhluk hidup yang dikemukan oleh para ahli, dan masing-masing ada kelebihan dan ada kekurangannya. Beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk klasifikasi tumbuhan antara lain didasarkan atas ciri jumlah sel penyusunan tubuh tumbuhan, talus, korneus, alat reproduksi, pigmen, dan struktur jaringan pengangkut.

Dunia tumbuhan (Plantae) dibedakan menjadi dua, yaitu Thallophyta dan Cormophyta. Cormophyta meliputi Cormophyta berspora dan Cormophyta berbiji. Cormophyta berspora meliputi dua divisio tumbuhan, yaitu Bryophyta (tumbuhan lumut) dan Pteridophyta (tumbuhan paku). Sedangkan Cormophyta berbiji hanya meliputi satu divisio, yaitu Spermatophyta dan Anthophyta yang berarti tumbuhan berbiji/tumbuhan berbunga.

Divisio Bryophyta

Bryophyta meliputi tumbuhan lumut hati, lumut tanduk, dan lumut daun. Secara morfologis berbeda dengan Thallophyta, tetapi kadang-kadang sulit dibedakan dengan alga. Ukuran tubuhnya tidak ada yang lebih dari 70 cm dan jarang yang lebih dari 20 cm. tingginya. Tubuh tumbuhan yang termasuk Bryophyta ada yang sudah memiliki batang dan daun, tetapi tidak memiliki jaringan pengangkut.

Ciri dan sifat Bryophyta

Adapun ciri dan sifat Bryophyta adalah sebagai berikut :
1. Pada umumnya lebih kompleks daripada Thallophyta, karena beberapa jenisnya ada yang sudah memiliki batang dan daun, meskipun akarnya masih berupa rhizoid.

2. Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis), artinya dalam daur hidupnya terdiri atas gametofit (penghasil gamet, haploid) berselang-seling dengan sporofit (penghasil spora, doploid). Generasi gametofit lebih menonjol daripada sporofit.

3. Gametofit melekat pada tanah dengan perantaraan rhizoid.

4. Sporofit menghasilkan spora, tumbuh pada gametofit dan mendapat makanan darinya.

5. Bagian tubuh sporofit yang tampak jelas adalah sporangium yang terdapat di ujung tangkai di atas gametofit.


Itulah informasi online mengenai Ciri dan sifat Bryophyta, semoga menjadi tambahan pengetahuan.

Related Posts

Ciri dan sifat Bryophyta
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *