Megahnya Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Kabupaten Kediri selain menyimpan banyak sejarah, kabupaten tersebut juga merupakan kota administratif yang lengkap dengan daerah wisata yang sangat menarik. Selain daerah wisata pinggiran seperti Gunung Wilis dan Gunung Kelud, di daerah Gumul berdiri megah sebuah monumen yang terkenal dengan nama Monumen Simpang Lima.


Mengapa disebut Simpang Lima? Bangunan Monumen Kediri tersebut mirip dengan L’arch D’ Triomphe yang ada di Perancis. Monumen megah ini berdiri di tengah-tengah lingkaran yang terdapat lima jalur keluar area yang masing-masing jalan menujua ke arah lima daerah pula, yaitu : Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang.


Di setiap jalan persimpangan terdapat 1 area parkir, jadi di persimpangan manapun pengunjung berhenti dengan mudah mereka memarkirkan kendaraannya. Dan dari masing-masing area parkir pengunjung dapat langsung menuju area monumen dengan melewati terowongan bawah jalan yang bersih. Unik bukan?




[caption id="attachment_456" align="aligncenter" width="850"]Monumen Simpang Lima in Gumul Kediri Monumen Simpang Lima in Gumul Kediri[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="320"]terowongan area parkir simpang lima kediri Terowongan area parkir simpang lima kediri[/caption]

Monument "Simpang Lima" yang memiliki luas bangunan 804 meter persegi, di tumpu 3 tangga  3 meter dari dasar pura, dan tinggi 25 meter. Jika naik ke atap monument, maka dapat kita lihat keseluruhan kindahan Kediri. Luas kawasan Simpang Lima perdagangan ini secara keseluruhan adalah 37 hektar.


[caption id="" align="aligncenter" width="320"]Dinding monumen simpang lima kediri Dinding monumen simpang lima kediri[/caption]

Di dinding monument Kediri terpahat relief-relief tentang sejarah Kediri, kesenian dan kebudayaan yang mencerminkan kota administratif tersebut. Luas dan tinggi monument mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 maret 804 Masehi. Bagaimana sejarah dan asal mula Kediri? Silahkan baca selengkapnya di sini.






[caption id="" align="aligncenter" width="239"]Relief dinding monumen simpang lima kediri Relief dinding monumen simpang lima kediri[/caption]

Monumen Simpang Lima Kediri merupakan ikon Kabupaten Kediri. Lokasi monumen ini berjarak sekitar 6 kilometer dari kota Kediri atau sekitar 120 km dari Bandara Juanda Surabaya. Kawasan ini diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat (Central Business District).


Hal ini bisa dilihat dari kelengkapan yang diberadakan, seperti convention hall, gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, dan rekreasi Water Park Gumul Paradise Island. Di masa mendatang diperkirakan wisata Simpang Lima Gumul akan menjadi salah satu pilihan wisatawan di kota bersejarah ini.


Bagi anda yang berniat pergi berwisata ke Monumen Simpang Lima dalam beberapa hari tak perlu khawatir, karena kota ini juga banyak menyediakan hotel atau penginapan murah dan nyaman sesuai harga yang diinginkan. Hotel dapat dipesan baik melalui telfon, website resminya atau facebook page yang disediakan.




Jika anda tertarik ingin lebih jauh dan ingin menelusuri tempat-tempat wisata Kediri yang bersejarah, anda bisa mengunjungi tempat lain, sebagai contoh Wisata sejarah Goa Selo Mangleng Kediri yang dahulu merupakan tempat semedinya Dewi Kilisuci.




Sebagai referensi silahkan lihat Bukit Daun Hotel and Resort aman dan nyaman, kenyamanan dan keamanan anda di jamin di hotel ini.



Megahnya Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *