Kamis, 12 Februari 2015

Makanan khas di indonesia dan asalnya

Makanan khas di indonesia dan asalnya. Di setiap wilayah nusantara ini memiliki makanan dengan rasa khas dan tentu saja tak ada di tempat lain di dunia ini. Hal tersebut sering dijadikan objek wisata kuliner. Biasanya, di mana ada tempat wisata, maka di situ pula tersaji makanan khas.

Keunikan makanan khas merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut. Bahkan, para pengunjung yang pernah datang ingin kembali berkunjung menikmati indahnya alam wisata sekaligus merasakan lezatnya makanan khas suatu daerah.

Makanan khas Indonesia dan asalnya

Jika dihitung secara keseluruhan, makanan khas yang ada di Indonesia mungkin mencapai ratusan bahkan ribuan. Nah, untuk itu kami tidak bisa menyebutkan satu-persatu jenis-jenis makanan tersebut. Berikut beberapa makanan khas Indonesia :
1. Mie dari Aceh
Dari namanya pastilah anda tahu bahwa makanan khas ini berasal dari Aceh. Mie masakan khas Aceh ini disuguhkan sedemikian rupa hingga menjadi makanan yang lezat. Pokoknya ini bukan mie biasa, adanya cuma di Aceh.
Mie makanan khas Aceh
Mie Aceh
2. Bika dari Ambon
Bika Ambon merupakan makanan khas yang berasal dari Sumatera Utara, terutama Medan.
Bika Ambon makanan khas Medan, Sumatra Utara
Bika Ambon

3. Masakan Padang
Masakan Padang adalah masakan khas yang berasal dari Sumatera Barat. Siapa yang tak kenal masakan padang yang begitu mantab, dengan bumbu santan tak ada duanya. Sambal lombok hijaunya, daun singkongnya.
Masakan Padang, makanan khas Sumatra Barat
Masakan Padang
4. Gulai Ikan Patin dari Jambi
Gulai Ikan Patin adalah masakan khas dai Jambi. Konon, gulai ini dimasak menggunakan tempoyak. Apa itu tempoyak? Tempoyak adalah daging buah durian yang telah difermentasi. rasakan nendangnya.
Gulai ikan Patin, makanan khas Jambi
Gulai ikan Patin
5. Ikan bumbu Bengkulu
Ikan yang telah dibumbui sedemikian rupa, hingga menjadi makanan khas Bengkulu yang pedas.


Makanan khas Bengkulu

6. Gulai Belacan dari Riau
Provinsi Riau memiliki makanan khas yang diberi nama Gulai Belacan. merupakan masakan udang yang dibumbu terasi.
Gulai Belacan makanan khas Riau
Gulai Belacan

7. Otak-otak Kepulauan Riau
Otak-otak merupakan makanan khas yang berasal dari Kepulauan Riau. Terdapat dua jenis otak-otak, yaitu dimasak dari ikan dan dari cumi. Wujud otak-otak ini terbilang unik, karena masakan ini dibungkus dengan daun hijau yang dikancing dengan lidi, dan kemudian dibakar dengan bara api. Jika di Jawa makanan ini mirip dengan lintingan.
Otak-otak makanan khas kepulauan Riau
Otak-otak

8. Empek-empek Sumatera Selatan
Empek-empek merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan dan sagu, yang disuguhkan dengan kuah coklat yang biasa disebut cuko.

Empek-empek makanan khas Sumatra Selatan
Empek-empek

9. Mie Koba Kuah dari Bangka Belitung

Mie Koba Kuah adalah makanan khas Bangka Belitung. Mie koba terbuat dari mie kuning basah yang disiram dengan kuah ikan, cumi, udang, atau bisa juga kepiting.
Mie Koba Kuah makanan khas Bangka
Mie Koba Kuah

10. Seruit Lampung
Seruit merupakan makanan khas Lampung. Seruit merupakan masakan ikan goreng atau dibakar yang dicampur dengan sambel terasi, tempoyak seperti untuk membuat Gulai Ikan Patin atau mangga. Bagaimana rasanya?
Seruit makanan khas Bangka
Seruit

11. Sate Bandeng Banten

Baru mendengar masakan yang namanya Sate Bandeng? Masakan Sate Bandeng adalah makanan khas yang berasal Banten. Masakan ini berbeda dengan ikan bandeng biasa, karena masakan ini empuk tetapi tanpa tulang.
Sate Bandeng makanan khas Banten
Sate Bandeng

12. Kerak Telor Jakarta, adalah merupakan makanan khas Jakarta atau masyarakat Betawi. Bahan pembuat makanan ini adalah beras ketan putih, ebi, telur ayam yang disangrai hingga kering, kemudian ditambah bawang merah goreng. Selanjutnya diberi bumbu yang ditumbuk dihalus. Bumbu tersebut adalah kelapa sangrai, kencur, cabai merah, jahe, merica, gula pasir dan garam.

13. Serabi Kadang Jawa Barat, adalah makanan khas Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis.

14. Lumpia Semarang Jawa Tengah, merupakan makanan khas Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Makanan ini terbuat rebung, telur, dan daging udang.

15. Gudeg Yogyakarta, saya yakin di nusantara ini telah banyak mendengar yang namanya Gudeg Jogja. Gudeg Jogja merupakan makanan khas Kota pelajar Yogyakarta. Masakan ini terbuat dari nangka muda kemudian dimasak dengan santan. Gudeg Jogja disuguhkan dengan nasi dan kuah santan kental, telur, ayam kampung, tahu dan sambal goreng krecek.16. Rujak Cingur Jawa Timur.

Makanan khas yang satu ini pernah dipopulerkan Mus Mulyadi dalam lagunya Rujak Cingur. Rujak Cingur merupakan makanan khas daerah Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Konon, kata Cingur berarti mulut.

17. Ayam Betutu Bali, merupakan makanan khas yang berasal dari Bali. Masakan ini adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh diisi bumbu, selanjutnya di panggang pada api sekam.

18. Ayam Taliwang Lombok, Nusa Tengara Barat, merupakan makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan ini berbahan dasar ayam yang diguhkan dengan cabai merah kering, tomat merah, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, gula Jawa, garam, dan kencur.

19. Catemak Jagung Nusa Tenggara Timur, merupakan makanan khas NTT (Nusa Tenggara Timur). Seperti namanya, Catemak jagung makanan yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak sedemikian rupa.

20. Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat, Daerah Sambas, Kalimantan Barat memiliki makanan khas yang disebut Bubur Pedas Sambas. Masakan ini bertolak belakang dengan namanya yang disebut bubur pedas, karena ternyata saat disuguhkan sama sekali tak menggunakan cabai sebagai penimbul rasa pedas.

21. Soto Banjar Kalimantan Selatan, Soto Banjar merupakan soto khas Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini berbahan utama : ayam yang dibumbui rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, maupun cengkeh. Masakan ini berisi daging ayam yang disuwir tipis-tipis, disajikan berbarengan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

22. Juhu Singkah Kalimantan Tengah, salah satu suku yang terkenal di Indonesia ini ternyata juga memiliki makanan khas. Makanan khas Suku Dayak bernama Juhu Singkah. Makanan ini banyak dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Juhu Singkah terbuat dari umbut rotan yang dipadu dengan ikan betok.

23. Ayam Cincane Kalimantan Timur, adalah makanan khas Kalimantan Timur, tepatnya di kota Samarinda. Makanan ini dijadikan hidangan utama pada saat masyarakat setempat menyelanggarakan upacara adat, seperti pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan.

24. Sup Konro Bugis, Sulawesi Selatan, masyarakat Bugis memiliki masakan khas yang disebut Sup Konro. Makanan ini terbuat dari sup iga sapi. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga atau daging sapi berkuah warna coklat yang dimakan dengan ketupat kecil yang sebelumnya telah dipotong-potong.

25. Sup Ikan Jantung Pisang, Sulawesi Tengah merupakan makanan khas yang berasal dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Cita rasa makanan asam dan pedas, dengan bahan utama ikan kakap.

26. Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara, makanan gurih dan enak bernama Lapa-Lapa merupakan makanan khas yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Biasanya dimakan dengan ikan ikan asin (kaholeonarore).

27. Binte Biluhuta Gorontalo, merupakan makanan khas yang berasal dari Gorontalo. Nama lain masakan ini adalah milu siram, karena makanan tersebut terbuat jagung yang dalam bahasa setempat disebut milu. Selain jagung makanan ini juga menyertakan udang, belimbing sayur, kelapa, daun bawang, jeruk nipis, daun kemangi, dan bawang merah.

28. Bubur Manado Sulawesi Utara, dari namanya saja sudah kita bisa menebak bahwa bubur ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Bubur Manado disebut juga Tinutuan. Bubur Manado tercipta dari berbagai macam sayuran, dan tidak mengandung daging. Masakan ini biasa tersaji sebagai sarapan.

29. Ikan Asar Maluku, merupakan makanan khas Maluku terbuat dari ikan cakalang atau tongkol yang dipanggang dengan asap. Karena proses pembuatannya tersebut, maka masakan ini biasa juga disebut ikan asap.

30. Gohu Ikan Ternate, Maluku Utara, adalah merupakan makanan khas Ternate, Maluku Utara. Makanan khas ini penyebutannya lengkap yaitu gohu ikan. Mengapa? karena jika hanya disebut gohu, maka menurut bahasa di sana berarti rujak pepaya muda yang tak kalah populer Maluku Utara. Gohu ikan Ternate terbuat dari ikan tuna mentah.

31. Ikan Bakar Manokwari, Papua Barat, seperti beberapa nama masakan di atas, masakan yang satu ini juga menyebutkan asalnya, yaitu Ikan Bakar Manokwari, Papua. Meskipun hanya ikan bakar, namun ikan bakar yang satu ini memiliki rasa khas dengan sambal khas Papuanya yang disiramkan di atasnya. Ikan yang dibakar pada makanan ini biasanya ikan tongkol.

32. Papeda, Papua Timur, biasa disebut juga Bubur Sagu, adalah makanan khas masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini bisa juga disebut sebagai makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Papeda terbuat dari tepung sagu. Papeda biasanya dimakan bersama dengan kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara.

33. Kue Sagu Papua Tengah, disebut juga Bagea adalah kue khas dari Papua Tengah. Bahan baku kue ini adalah tepung sagu. Kue sagu ini terasa agak keras ketika digigit, namun jika sudah masuk ke dalam mulut atau terkena air cepat melunak.

34. Kepiting Soka Kalimantan Utara, bisa kita jumpai di Kalimantan Utara, khususnya di kota Tarakan. Kepiting bisa disantap dari keseluruhan tubuhnya. Karena cangkang kepiting ini lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini bisa juga dipakai sebagai camilan atau kerupuk.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Makanan khas di Indonesia dan asalnya. Semoga menjadikan tambahan wawasan, bahwa negeri Indonesia kaya sekali akan makanan khas. Sehingga wisatawan selalu tertarik untuk berkuliner ke sana.

Related Posts

Makanan khas di indonesia dan asalnya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *