Cara tumbuh dan berkembangnya tumbuhan

Cara tumbuh dan berkembangnya tumbuhan. Setelah sebelumnya admin memberikan informasi tahapan perkembangan makhluk hidup, kali ini Enjangcom akan memberikan info tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Pertumbuhan adalah penambahan ukuran dan atau isi sel yang tidak dapat balik kembali (irreversibel). Pertumbuhan menyangkut aspek kuantitatif suatu perkembangan sehingga pertumbuhan dapat diukur dengan alat ukur tertentu.

Pertumbuhan pada tumbuhan disebabkan oleh dua hal, yaitu sebagai berikut :
1. Pertumbuhan jumlah sel sekaligus sebagai hasil belahan sel secara mitosis pada titik tumbuh.
2. Pembesaran atau pemanjangan sel.

Pertumbuhan tumbuhan terjadi pada titik tumbuh (meristem) yang selalu melakukan pembelahan sel secara mitosis. Meristem terdapat pada ujung-ujung pokok dan cabang-cabang serta akar.

Tunas yang terletak di ujung batang atau apeks pucuk disebut dengan tunas terminal. Tunas terminal tersebut mengandung meristem apikal. Sepanjang batang terdapat tunas samping atau tunas ketiak atau tunas lateral yang dapat menghasilkan cabang, daun, atau bunga.

Selain tumbuh memanjang, tumbuhan dapat tumbuh membesar, bahkan beberapa jenis tumbuhan ada yang memiliki diameter batang 1-2 meter. Bagaimanakah batang tumbuhan dapat tumbuh membesar?

Pertambahan besar batang ditentukan oleh adanya jaringan kambium. Jaringan kambium termasuk jaringan meristem yang sel-selnya terus aktif membelah. Jaringan tersebut terletak di antara jaringan xilem dan floem.

Kambium berfungsi membentuk xilem dan floem baru. Jaringan xilem yang sudah tua akan membentuk kayu, sedangkan jaringan floem yang sudah tua akan membentuk kulit. Dalam proses penuaan jaringan xilem dan floem, kambium terus aktif membelah membentuk xilem dan floem yang baru. Proses itu berjalan terus sehingga makin lama batang tumbuhan makin tumbuh membesar.

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan perkecambahan biji. Selanjutnya kecambah tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan. Setelah mencapai masa tertentu, tumbuhan akan menghasilkan bunga, buah, dan biji.

Kecepatan tumbuh di daerah pertumbuhan kecambah berbeda-beda. Pada umumnya daerah di belakang ujung kecambah tumbuh memanjang lebih cepat.

Cara tumbuh dan berkembangnya tumbuhan

Demikian informasi online tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, semoga menambah pengetahuan kita dalam bidang biologi.
Cara tumbuh dan berkembangnya tumbuhan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *