3 macam sendi dan hubungan antartulang

3 macam sendi dan hubungan antartulang. Kerangka tubuh manusia dapat berbentuk karena hubungan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain. Hubungan antartulang tersebut dinamakan persendian (artikulasi). Dari sifat geraknya persendian dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu sendi mati, sendi kaku, dan gerak. Berikut penjelasannya :

1. Sendi mati
Sendi mati adalah hubungan antartulang yang sudah tidak dapat digerakkan lagi. Misalnya persendian pada tulang tengkorak kepala.

2. Sendi kaku
Sendi kaku adalah hubungan antartulang yang memungkinkan adanya sedikit gerakan (terbatas). Misalnya adalah persendian pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki, hubungan tulang rusuk dengan tulang belakang dan tulang dada serta hubungan tulang kelamin.

3. Sendi gerak
Sendi gerak adalah hubungan antartulang  yang memungkinkan gerakan lebih bebas. Struktur sendi gerak tersusun dari mangkuk sendi, bongkol sendi, ikat sendi, (ligamen), dan cairan sendi (cairan sinovial).

Bongkol sendi masuk ke dalam mangkuk sendi lalu dibungkus dengan ligamen. Agar sendi mudah digerakkan, di dalam sendi terdapat cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi.

4 macam sendi berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifat geraknya sendi ini dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu sendi engsel, sendi peluru, sendi putar, dan sendi pelana. Selengkapnya sebagai berikut :

1. Sendi engsel
Sendi engsel adalah persendian yang memungkinkan gerakan satu arah, seperti gerakan pada pintu. Misalnya adalah persendian pada siku dan sendi lutut.

2. Sendi peluru
Sendi peluru merupakan hubungan dua tulang, yang satu berbentuk mangkuk sendi, sedangkan tulang yang lain berbentuk bonggol yang bersesuaian. Selain itu juga terdapat cairan sendi yang berfungsi sebagai pelumas dan jaringan ikat sendi (ligamen). Sendi peluru merupakan persendian yang dapat bergerak ke segala arah. Misalnya adalah persendian pada lengan atas dengan gelang bahu dan tulang paha dengan gelang pinggul.

3. Sendi putar
Sendi putar merupakan persendian yang mengakibatkan salah satu tulang dapat berputar terhadap tulang yang lain sebagai poros sendi. Misalnya adalah persendian pada tulang atlas dengan tulang pemutar dan tulang hasta dengan tulang pengumpul.

4. Sendi pelana
Sendi pelana adalah merupakan persendian yang memungkinkan gerakkan ke dua arah. Misalnya adalah persendian pada tulang telapak tangan dengan ibu jari.

Dari penjelasan di atas, jika mungkin ada salah satu atau beberapa istilah yang kurang dimengerti silahkan lihat di artikel informasi online : 3 macam otot manusia dan ciri cirinya

Demikian informasi online yang dapat kami sampaikan melalui pembahasan tentang 3 macam sendi dan hubungan antartulang. Semoga menambah pengetahuan kita mengenai sendi dan tulang yang berada pada tubuh kita.
3 macam sendi dan hubungan antartulang
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *