Jenis otot manusia berdasarkan hubungan kerjanya

Setelah kita mengetahui 3 macam otot manusia, Enjangcom kali akan memberikan informasi online Tentang Jenis otot manusia berdasarkan hubungan kerjanya. Apabila mendapat rangsang saraf, maka otot akan bekerja dengan cara berkontraksi. Kontraksi otot ditandai dengan otot yang memendek, menegang, dan menggembung di bagian tengahnya.

Sebaliknya, bila otot tidak bekerja, maka otot akan kembali mengendur. Otot dalam keadaan istirahat bisa disebut relaksasi. Pada saat otot bekerja, otot yang melekat pada rangka berkontraksi, sehingga tulang tertarik dan bergerak pada sendinya. Artinya, kontraksi suatu otot dapat menyebabkan tulang bergerak ke suatu arah. Untuk mengembalikan tulang ke posisi semula, perlu adanya bantuan gerakan dari otot lain yang sifat kerjanya berlawanan.

Otot antagonis dan otot sinergis

Berdasarkan hubungan kerjanya, otot dibedakan atas otot antagonis dan otot sinergis.
1. Otot antagonis
Otot antagonis merupakan otot yang hubungan kerjanya bersifat berlawanan. Otot ini dapat melibatkan dua otot atau lebih. Otot antagonis dapat dilihat dari kerja otot biseps dan otot triseps yang terdapat pada lengan.

Otot biseps adalah otot yang memiliki dua ujung (tendon) yang melekat pada tulang. Sedangkan otot triseps adalah otot yang memiliki tiga tendon. Jika otot biseps berkontraksi dan otot triseps relaksasi, maka lengan bawah akan bergerak ke atas. Sebaliknya jika otot biseps relaksasi dan otot triseps berkontraksi, maka posisi lengan bawah kembali ke keadaan semula (lurus).

2. Otot sinergis
Otot sinergis merupakan dua otot yang dapat bekerja sama atau bekerja secara bersamaan. Contoh otot sinergis adalah otot pronator yang terdapat pada lengan bawah. Kerja otot pronator dapat menyebabkan gerakan telapak tangan menengadah dan menelungkup.

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa semua gerakan tubuh kita melibatkan otot, tulang, dan sendi. Jadi, apabila otot yang melekat pada tulang melakukan kontraksi atau relaksasi, maka tulang akan kontraksi atau relaksasi, maka tulang akan bergerak dengan perantaraan sendinya.

Demikian informasi mengenai Jenis otot manusia berdasarkan hubungan kerjanya, semoga menjadi informasi online yang bermanfaat bagi anda semua.
Jenis otot manusia berdasarkan hubungan kerjanya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *