Osteoporosis tidak hanya menyerang perempuan

Selama ini, ada anggapan bahwa osteoporosis merupakan penyakit yang hanya menyerang para perempuan lanjut usia. Namun, pernyataan tersebut kini tidak dapat dibenarkan karena ternyata kaum laki-laki pun terkena penyakit osteoporosis.

Dalam sebuah diagnosis yang telah dilakukan untuk mengetahui apakah penyakit ini juga menyerang kaum laki-laki, ternyata ditemukan angka bahwa tiap 1 perempuan banding 10 laki-laki berusia di atas 80 tahun telah menderita penyakit tulang ini.

Reumatolog Dr. Michele Meltzer dan Dr Monica Luchi menjelaskan cara mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis ini pada kaum laki-laki dalam tanya jawab sebagai berikut :


Osteoporosis tidak hanya menyerang perempuan


Apa saja karakteristik osteoporosis pada laki-laki?

Ada beberapa bentuk tulang laki-laki yang berbeda dengan perempuan, dan pada usia yang sama perubahan tulang juga berbeda dari yang terjadi pada wanita. Penyakit ini juga menyerang laki-laki yang kurang bergerak dan kurang nutrisi. Mereka sangat kurang olah raga dan inilah yang menjadi faktor utama osteoporosis.

Laki-laki yang telah lanjut usia kemungkinan juga memiliki masalah kesehatan yang lain atau penyakit itu telah muncul karena berbagai pengobatan yang turut mengembangkan resiko tersebut.

Faktor apa yang berperan penting dalam osteoporosis?

Rendahnya kadar testosteron merupakan salah satu faktor resiko osteoporosis pada kaum laki-laki. Salah satu penyebab utama yang menyebabkan rendahnya testosteron adalah hypogonadism, ketika jaringan testis mereka tidak lagi memproduksi testosteron yang seharusnya masih memproduksi.

Selain itu, karena orchiectomy atau operasi jaringan testis, laki-laki yang menderita kanker prostat akan mengalami perubahan pada jaringan testisnya. Ketika anda melakukan operasi, secara tidak langsung anda juga memindahkan hormon laki-laki anda sehingga mereka tidak akan bisa memproduksi testosteron dalam jumlah cukup. Sementara itu, penyebab lain dikarenakan kecelakaan atau mengalami keretakan pada tulang.

Dari beberapa laki-laki yang didiagnosis dengan sinar X diketahui bahwa mereka memiliki tulang yang rapuh. Ini disebabkan tulang mereka kekurangan mineral.

Tindakan apa yang pertama kali harus dilakukan untuk mengobati laki-laki yang terkena osteoporosis?

Perlu diyakinkan bahwa laki-laki perlu memiliki atau mengkonsumsi cukup kalsium dan vitamin D, sehingga akan meningkatkan kadar hormon testosteronnya. Ukurannya, untuk seorang laki-laki membutuhkan sekitar 2.000 mg kalsium perhari. Namun sebaiknya harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian informasi online mengenai Osteoporosis tidak hanya menyerang perempuan, semoga menjadi info yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda semua.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian