Perkembangan balita dan anak-anak hingga usia 3 tahun

Perkembangan balita dan anak-anak hingga usia 3 tahun. Pertumbuhan pascaembrionik (baca kembali : 5 tahap utama perkembangan bayi dalam kandungan) adalah masa setelah bayi lahir. Begitu lahir, bayi segera bernafas yang ditandai dengan menangis, hal tersebut menunjukkan bahwa paru-paru mulai berfungsi. Pertumbuhan berlangsung cepat selama beberapa tahun pertama kehidupan, masa ini disebut masa balita.

Pertumbuhan terus berjalan sampai menuju masa dewasa. Sebelum menginjak masa dewasa, manusia mengalami masa anak-anak dan masa remaja. Berikut perkembangan masa balita dan anak-anak.

Perkembangan balita dan anak-anak hingga usia 3 tahunMasa empat minggu pertama setelah lahir dikenal periode "neonatal", artinya kelahiran baru. Pada periode ini bayi berada pada lingkungan yang berbeda, yaitu di luar uterus (rahim). Kegiatan fungsional tubuh seperti pernapasan, pencernaan, dan ekskresi telah dilakukan oleh bayi itu sendiri.

Masa pertumbuhan dan perkembangan berikutnya adalah bayi, yaitu periode dari masa neonatal ke usia satu tahun. Dalam periode ini bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik secara mental maupun dalam keterampilan fisik.

Keterampilan awal yang dimiliki biasanya adalah kemampuan untuk tersenyum yang terjadi kira-kira di usia enam minggu. Pada usia empat bulan bayi sudah dapat tertawa, terjaga ketika mendengar sesuatu dan telah mengenal wajah ibunya.

Perkembangan balita usia 6 bulan, 9 - 12 bulan, 18 bulan, 2 - 3 tahun
Berikut perkembangan balita menurut usianya :
1. Usia 6 bulan
Bayi dapat duduk jika telah dapat menopang dan mengendalikan bobot kepalanya.

2. Usia 9 - 12 bulan
Kebanyakan bayi sudah dapat merangkak dan menegakkan diri sendiri dan mungkin dapat berdiri sendiri tanpa bantuan.

3. Usia 18 bulan
Anak dapat berjalan tanpa dibantu, memanjat tangga, dan mengetahui sedikitnya enam kata.

4. Usia 2 - 3 tahun
Anak dapat memegang pensil, mencoret-coret, dan meniru bentuk-bentuk sederhana. Mampu berbicara dalam kalimat sederhana.

Demikian informasi tentang Perkembangan balita dan anak-anak hingga usia 3 tahun, semoga menjadi info yang bermanfaat bagi anda ibu yang ingin memahami pertumbuhan anaknya.
Perkembangan balita dan anak-anak hingga usia 3 tahun
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *