4 jaringan penyusun akar tumbuhan

4 jaringan penyusun akar tumbuhan. Setelah sebelumnya telah kita ulas tentang akar tunggang dan akar serabut, untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai jaringan apa saja yang menyusun akar. Akar disusun oleh beberapa jaringan. Jaringan yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula.

1. Epidermis
Lapisan terluar dari akar adalah epidermis yang tersusun dari sel-sel yang rapat satu sama lain tanpa ruang antarsel dan berdinding tipis. Epidermis bersifat semipermeabel sebagai jalan masuknya air dan mineral. Epidermis yang telah mengalami penebalan berperan sebagai pelindung jaringan di bawahnya.

Tebal lapisan epidermis biasanya satu lapis sel. Sel-sel epidermis dapat tumbuh menonjol di tempat-tempat tertentu membentuk rambut akar yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral terlarut dalam tanah.

2. Korteks
Lapisan di bawah epidermis adalah lapisan sel-sel yang disebut korteks. Korteks berperan sebagai daerah penyimpanan cadangan makanan. Korteks akar terdiri atas jaringan parenkima yang relatif renggang dan jaringan penguatnya sedikit. Di antara sel-sel parenkima terdapat ruang antarsel sehingga berfungsi sebagai ruang penyimpanan udara.

3. Endodermis
Di sebelah dalam korteks terdapat selapis sel yang disebut endodermis. Endodermis berperan dalam pengaturan jalannya air dan mineral dari korteks ke silinder pusat.

4. Silinder pusat
Lapisan bagian dalam pada akar adalah silinder pusat yang berisis jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut terdiri atas pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem). Sel xilem pada akar berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar menuju batang dan daun, sedangkan sel floem berfungsi mengangkut makanan atau zat organik hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
4 jaringan penyusun akar tumbuhan
Jika kita makan atau memasak wortel, maka tentunya kita akan merasakan perbedaan rasa antara lapisan dalam dan lapisan luar dari wortel tersebut. Lingkaran lapisan luar lebih lunak dan terasa manis. Bagian tersebut adalah korteks yang merupakan tempat penyimpanan makanan.


Lapisan dalam keras dan tidak manis. Apakah yang menyebabkan rasa lapisan tersebut berbeda? Lapisan yang paling dalam tersebut disusun oleh xilem dan floem yang banyak mengandung serat sebagai penguat, sehingga bagian tersebut memiliki struktur yang relatif keras.
4 jaringan penyusun akar tumbuhan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *