Sabtu, 20 Juni 2015

Faktor yang mempengaruhi pengangkutan pada tumbuhan

Faktor yang mempengaruhi pengangkutan pada tumbuhan. Pernahkah anda membayangkan cara naiknya air dari dalam tanah hingga sampai ke daun tanaman kelapa? Ternyata air dan mineral tidak mengalami hambatan untuk naik sampai ke daun, meskipun tinggi tumbuhan lebih dari 50 meter sekalipun.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi naiknya air dan mineral dari dalam tanah pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut :

1. Tekanan akar

Adanya perbedaan konsentrasi air tanah dan cairan dalam tumbuhan menyebabkan air mengalami osmosis melewati epidermis, korteks, dan endodermis ke dalam xilem. Akibatnya, air masuk ke dalam xilem secara terus-menerus sehingga menimbulkan suatu daya tekan akar.

Untuk membuktikan hal tersebut, lakukanlah percobaan dengan memotong batang pisang muda. Pada bekas potongan batang tumbuhan tersebut akan terlihat adanya air yang naik secara terus-menerus.2. Kapilaritas batang
Pembuluh xilem bersifat kapiler karena struktur pembuluh tersebut sangat kecil berupa pipa-pipa kapiler. Adanya sifat kapiler menyebabkan timbulnya gaya adhesi (gaya tarik antara molekul air dan dinding xilem). Akibatnya air merembes dari bagian bawah hingga naik ke daun.

Baca juga: 

3. Daya isap daun

Setiap daun selalu mengeluarkan uap air, terutama melalui stomata. Pengeluaran uap air melalui stomata disebut transpirasi. Adanya transpirasi atau penguapan di daun menyebabkan tekanan potensial air dalam daun rendah. Perbedaan potensial air tersebut menyebabkan molekul air di bawahnya tertarik dan mengalir ke atas. Gerakan air ke atas terjadi secara beruntun hingga sampai akar. Pengaruh inilah yang disebut daya isap daun.

Related Posts

Faktor yang mempengaruhi pengangkutan pada tumbuhan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *