Golongan darah dan faktor yang mempengaruhinya

Biologi. Dahulu orang sering mengira bahwa darah manusia yang satu dengan yang lain adalah sama. Akan tetapi kenyataannya dalam proses transfusi darah seringkali tidak berhasil dengan baik sehingga sel darah merah menggumpal yang berakibat fatal bahkan kematian bagi penerima darah.

Kejadian tersebut terutama berlangsung pada waktu Perang Dunia I, ketika transfusi darah sering dilakukan. Itulah sebabnya perlu adanya penggolongan darah.

Penggolongan darah pertama kali dilakukan pada tahun 1900 oleh Karl Landsteiner dan Donath, berkebangsaan Austria yang mengadakan penelitian terhadap darah manusia. Dalam penelitiannya diketahui diketahui bahwa di dalam sel darah manusia (eritrosit) terdapat aglutinogen A dan aglutinogen B. Di dalam plasma darah, tepatnya di dalam serum terdapat aglutinin a dan aglutinin b,

4 golongan darah

Menurut Karl Landsteiner dan Donath, darah dapat dibedakan menjadi empat golongan, yaitu sebagai berikut :
  1.  A, Aglutinogen A, Aglutinin b.
  2. B, Aglutinogen B, Aglutinin a.
  3. AB, Aglutinogen A dan B, Aglutinin kosong.
  4. O, Aglutinogen kosong, Aglutinin a dan b.

Faktor yang mempengaruhi

Golongan darah dan faktor yang mempengaruhinya
Golongan darah sangat penting dalam proses transfusi darah. Apakah transfusi darah itu? Transfusi darah adalah proses memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain yang memerlukannya, misalnya pada orang yang mengalami banyak kehilangan darah ketika menjalani operasi atau karena kecelakaan berat.

Dalam transfusi darah orang yang memberikan darah disebut donor, sedangkan penerimanya disebut resipien. Untuk melakukan transfusi darah, golongan darah donor dengan golongan darah resipien harus sama. Dengan demikian diharapkan tidak akan terjadi penggumpalan darah atau kematian bagi resipien.

Akan tetapi, jika keadaan tidak memungkinkan transfusi dapat dilakukan dengan memberikan darah donor universal. Darah O dapat diberikan ke semua golongan yang disebut donor universal, sedangkan darah AB dapat menerima dari semua golongan yang disebut resipien universal.


Meskipun darah AB dapat menerima dari semua golongan, darah AB hanya dapat memberikan darahnya pada golongan AB saja.
Golongan darah dan faktor yang mempengaruhinya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *