Pertumbuhan dan fungsi batang tumbuhan

Setelah sebelumnya telah diulas struktur batang, selanjutnya akan kita bahas mengenai pertumbuhan dan fungsi batang tumbuhan. Seberapa panjang pertumbuhan batang dalam satu tahun? Bagaimanakah batang tumbuhan bertambah panjang?

Pada batang terdapat dua macam tunas, yaitu tunas pucuk atau dikenal dengan tunas terminal yang terletak di ujung batang, dan tunas lateral atau tunas ketiak yang terletak di bagian samping batang. Tunas pucuk berperan terhadap pertambahan panjang tumbuhan. Contohnya adalah tumbuhan bambu, dalam satu tahun dapat mencapai 6 meter, sedangkan tunas lateral dapat tumbuh membentuk cabang batang, daun, atau bunga.

Mengapa batang tumbuhan dikotil dapat tumbuh membesar? Ingatkah bahwa pada tumbuhan dikotil terdapat kambium?Kambium merupakan sekumpulan sel yang aktif membelah. Dengan adanya pembelahan sel-sel kambium, batang tumbuhan dikotil menjadi besar. Membesarnya batang akibat kegiatan kambium itu disebut pertumbuhan sekunder. Pembelahan sel kambium ke arah dalam membentuk xilem baru dan ke arah luar membentuk floem baru.

Kegiatan kambium dipengaruhi oleh keadaan air dan mineral. Pada musim hujan kambium membelah membentuk xilem yang luas, sedangkan pada musim kemarau kambium kurang aktif membelah sehingga membentuk xilem yang sempit.

Jika batang tumbuhan dikotil dipotong melintang, maka akan tampak batas-batas pertumbuhan batang pada musim hujan dan kemarau, yakni berupa lingkaran kosentris. Batas-batas pertumbuhan demikian itulah yang disebut lingkaran tahun.

Pada daerah tropik, pergantian antara musim hujan dan kemarau berlangsung setiap tahun. Dengan demikian, pada penampang melintang batang tumbuhan dikotil akan terdapat lingkaran tahun yang luas dan sempit.

Jika batang tumbuhan dikotil dipotong maka akan dapat diketahui umur tumbuhan tersebut dengan cara menghitung jumlah garis lingkaran tahun.Berbeda dengan tumbuhan dikotil, susunan berkas pengangkut pada batang tumbuhan monokotil tersebar tidak beraturan. Selain itu, tumbuhan monokotil tidak mempunyai kambium. Itulah sebabnya pada ukuran tertentu batang tumbuhan monokotil tidak dapat membesar lagi.

Pertumbuhan dan fungsi batang tumbuhan

Fungsi batang

Batang berfungsi sebagai penghubung antara akar dan daun tumbuhan serta dapat juga sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis dan air. Air yang diserap oleh akar diangkut melalui batang sampai ke daun. Air di daun digunakan untuk membuat makanan melalui fotosintesis. Makanan yang dibuat di dalam daun di edarkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan, antara lain ke batang dan akar.

Pada beberapa jenis tumbuhan ada yang menyimpan makanan di dalam batang, misalnya tumbuhan tebu, aren, dan sagu dalam bentuk pati atau zat tepung. Pati tersebut disimpan sampai suatu saat diperlukan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan. Jika diperlukan, maka pati diubah kembali menjadi gula.

Tumbuhan yang hidup di daerah kering memiliki batang yang dapat menyimpan air dalam jumlah banyak. Sebagai contoh tumbuhan kaktus yang menyimpan air dalam batangnya, air tersebut digunakan untuk fotosintesis selama musim kering yang panjang.
Pertumbuhan dan fungsi batang tumbuhan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *