Proses peredaran darah pada manusia

Proses peredaran darah pada manusia - Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah rangkap karena setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh darah melewati jantung sebanyak dua kali. Terdiri atas peredaran besar dan peredaran kecil.

Selama jantung masih bekerja, darah kita akan selalu beredar di sepanjang tubuh. Peredaran tersebut selalu berlangsung di dalam pembuluh darah. Itulah sebabnya disebut peredaran darah tertutup.

Peredaran besar

Adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Selanjutnya darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan mengangkut karbondioksida.

Peredaran kecil

Adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran kecil dimulai dari bilik kanan jantung, mengangkut CO2, menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Di dalam paru-paru CO2 dilepas dan diganti dengan O2. Itulah sebabnya darah yang berasal dari paru-paru kanan dan kiri kaya akan oksigen. Selanjutnya, darah kembali masuk ke dalam jantung melalui serambi kiri.

Baca juga :

Demikian informasi online yang dapat kami sampaikan, semoga menjadi tambahan manfaat ilmu biologi.
Proses peredaran darah pada manusia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *