Sekilas mengenai jantung koroner

Jantung koroner. Jantung merupakan jaringan daging terkuat pada tubuh yang berfungsi menerima darah kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri. Kondisi jantung terkait erat dengan kondisi pembuluh darah. Jika pembuluh darah sehat, maka jantung juga dapat diharapkan sehat pula.

Sebagai tempat mengalirkan darah, dinding pembuluh darah dapat saja ditumpuki kotoran (biasanya berupa kolesterol atau bekuan darah yang disebut plak). Proses penumpukan kotoran darah tersebut dikenal sebagai aterosklerosis atau pengapuran dinding pembuluh darah.

Pada aterosklerosis yang sudah lanjut dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung ataupun ke otak sehingga berakhir dengan kematian. Penyumbatan darah ke jantung dapat berakibat jantung koroner.

Sekilas mengenai jantung koroner

Gejala jantung koroner dan pencegahan

Gejala penyakit jantung koroner baru muncul setelah fungsi jantung terganggu, antara lain berupa sakit pada dada, nafas pendek-pendek, lemah, lelah, dan denyut jantung yang tidak teratur.

Tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut adalah dengan cara berhenti merokk, diet sehat, olah raga secara teratur, dan mengendalikan penyakit pemicu jantung koroner, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan fungsi jantung. Misalnya penggunaan obat untuk mengurangi penimbunan plak, aspirin untuk mencegah stenosis, serta obat pengendali tekanan darah tinggi dan diabetes.


Demikian informasi online tentang Sekilas mengenai jantung koroner, semoga menjadi pembelajaran untuk kesehatan kita bersama.
Sekilas mengenai jantung koroner
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *