Selasa, 09 Juni 2015

Tentang darah dan plasma darah

Tentang darah dan plasma darah. Oksigen dalam tubuh berguna untuk pembakaran zat makanan. Pembakaran zat makanan itu sendiri berlangsung pada seluruh sel-sel tubuh. Artinya ada alat transportasi yang menyebabkan oksigen dari paru-paru dan zat makanan dari usus halus sampai ke sel-sel tubuh.

Alat transportasi pada manusia terkoordinasi dalam suatu sistem yang disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, jantung, dan pembuluh darah.

Darah berguna untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh sel-sel tubuh serta mengangkut karbon dioksida dan zat-zat sisa ke organ pengeluaran.

Darah manusia dewasa lebih kurang 5,7 liter. Jika kita amati secara sepintas, maka darah tampak seperti cairan kental berwarna merah. Akan tetapi, jika kita amati lebih seksama, maka kita akan melihat adanya cairan bening pada bagian atas dan cairan berwarna merah yang kental pada bagian bawah.

Cairan bening itu disebut plasma darah, sedangkan cairan berwarna merah pada bagian bawahnya terdiri atas bagian padat, yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.

Plasma darah


Tentang darah dan plasma darah

Plasma darah merupakan cairan darah berwarna kekuning-kuningan yang ada di dalamnya terdiri atas 90% air, 8% protein, serta 0,9% mineral, oksigen, enzim, dan antigen. Sisanya berisi bahan organik, seperti lemak, kolesterol, urea, asam amino, dan glukosa.

Plasma darah merupakan cairan darah yang berfungsi untuk mengangkut dan mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh manusia, dan mengangkut zat sisa metabolisme dari sel-sel tubuh atau dari seluruh jaringan tubuh ke organ pengeluaran.

Di dalam plasma darah terdapat protein terlarut, yakni albumin, globulin, dan fibrinogen.
  • Albumin berfungsi untuk memelihara tekanan osmotik darah.
  • Globulin berfungsi untuk membentuk zat antibodi, dan
  • Fibrinogen merupakan sumber fibrin yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.
Baca juga :
Jika plasma darah diambil fibrinogennnya, maka akan tersisa suatu cairan berwarna kuning yang disebut serum. Di dalam serum inilah terdapat zat antibodi yang dapat membunuh bakteri atau benda asing di dalam tubuh kita.

Related Posts

Tentang darah dan plasma darah
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *