Kamis, 27 Agustus 2015

Bagian mata dan fungsinya

Bagian mata dan fungsinya - Bagian luar mata terdiri atas alis mata, kelopak mata, bulu mata, dan kelenjar air mata. Bagian dalam mata (bola mata) terdiri atas kornea/selaput tanduk, iris/selaput pelangi, pupil, lensa mata, dan sklera.

Pupil (anak mata) adalah lubang pada bagian tengah iris yang berguna dalam mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk. Lensa mata berguna untuk mengatus pembentukan bayangan. Sklera (selaput keras) bagian paling luar dari bola mata untuk melindungi bagian dalam bola mata.

Selaput koroid bagian tengah bola mata yang berupa selaput tipis, di dalamnya banyak terdapat saluran darah. Lapisan ini mencegah berkas cahaya cipantulkan di sekeliling mata. Selaput jala (restina) merupakan bagian terdalam dari bola mata, berguna untuk menangkap bayangan. Bintik kuning merupakan daerah yang menerima cahaya masuk.

Gangguan pada mata

Gangguan pada mata diantaranya seagai berikut :
  1. Miopi atau rabun jauh, yaitu gangguan mata yang membuat penderita tidak dapat melihat jelas benda yang jaraknya jauh dan dapat ditolong dengan menggunakan lensa mata berbentuk cekung (negatif).
  2. Hipermetropi/rabun dekat, yaitu gangguan mata yang membuat penderita tidak dapat melihat dengan jelas benda dekat dan dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif (lensa cembung).
  3. Presbiopi atau disebut juga mata tua, yaitu tidak dapat melihat benda jauh dan dekat.
  4. Astigmatisme, yaitu tidak gangguan mata yang membuat penderita tidak mampu membedakan garis lurus dan garis lengkung.

Tips merawat mata

Cara merawat mata antara lain dengan tidak melihat televisi terlalu dekat, membiasakan diri membaca di tempat yang terang atau cukup cahaya, membiasakan diri membaca dengan jarak lebih dari 30 cm dan posisi duduk tegak, dan jangan membaca sambil tiduran.

Baca juga:

Itulah sekilas mengenai bagian mata dan fungsinya, dan sedikit tips menjaga kesehatan mata. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda yang sedang mencari artikel yang berhubungan dengan mata.

Related Posts

Bagian mata dan fungsinya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *