Daftar tempat wisata di Bali yang patut dikunjungi

Daftar tempat wisata di Bali yang patut dikunjungi - Bali terkenal dengan sebutan pulau Dewata. Kepercayaan masyarakat yang kental dengan budaya Hindu membuat provinsi ini khas di dunia pariwisata. Jika anda pernah ke Bali pasti anda pernah melihat pohon-pohon yang di beri kain kotak-kotak, di tempat-tempat tertentu banyak terdapat kemenyan, hampir di setiap depan rumah terdapat bangunan pura, dan masih banyak lagi yang membuat Pulau Bali terasa unik.

Bali merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang terkenal ke seluruh pelosok dunia. Dari beberapa informasi pemberitaan disebutkan bahwa merosotnya rupiah hingga mencapai 14 ribu rupiah terhadap mata uang dollar Amerika memberikan berkah tersendiri bagi warga Bali.

Pengunjung tempat wisata di Bali meningkat 20% dibanding sebelumnya. Hal ini secara otomatis menambah pendapatan bagi para pengusaha penginapan, motel, maupun hotel. Bukan itu saja dampak positifnya, tempat-tempat kuliner makanan khas Bali juga semakin ramai dipenuhi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

59 daftar tempat wisata di Bali

1. Air terjun Gitgit : sebuah tempat wisata di Bali berupa air terjun yang terletak di Bedugul.
2. Alas Kedaton : tempat wisata di Bali berupa Pura yang banyak dihuni banyak kera.
3. Art centre atau Taman Budaya : wisata ini merupakan komplek bangunan yang sering digunakan pentas seni Bali khususnya.
4. Arung jerang Telaga Waja : tempat rekreasi di Bali yang paling menyenangkan bagi pecinta arum jeram.
5. Bali Buterfly Park : merupakan tempat wisata Bali yang dipenuhi ribuan kupu-kupu indah dan cantik.
6. Bali Odyssey Submarine : sebuah tempat wisata bawah laut yang akan memanjakan pengunjukan dengan keindahan pemandangannya.
7. Bali Safari and Marine Park : taman wisata Bali yang berupa kebun binatang yang lengkap dengan berbagai binatang layaknya taman safari di Bogor, Jawa Barat.
8. Bali zoo : sebuah taman wisata Bali yang dipenuhi berupa kebun binatang dengan koleksi berbagai binatang.
9. Bird Park : sebuah taman rekreasi yang dipenuhi dengan berbagai burung yang cantik dan indah.
10. Bukit Jambul: sebuah tempat wisata yang patut anda kunjungi meskipun hanya sebuah pemandangan sawah terasiring, yang berlokasi di dekat Gunung Agung.
11. Candi Dasa : sebuah candi yang menjadi tempat wisata di Bali terletak di pantai lengkap dengan restoran dan hotel tempat menginap. Tempat ini bisa ditempuh dari bandara Ngurah Rai sekitar 1 jam, jaraknya kurang lebih 65 km.
12. Danau Batur Kintamani : sebuah danau terluas di Bali yang terletak di lereng gunung batur. Nama Batur berasal dari nama sebuah gunung yang berdampingan dengan danau ini.
13. Danau Beratan : sebuah tempat wisata berupa danau di Bali yang di tengahnya dibangun pura Ulun.
14. Danau Buyan : tempat wisata alam berupa Danau terletak di Desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.
15. Danau Tamblingan : sebuah tempat wisata alam danau mirip dengan Danau Buyan.
16. Goa Gajah : goa tempat wisata alam buatan yang digunakan bak tempat ibadah, yang letaknya di Bedulu, Kec. Blahbatu, Kab. Gianyar. Goa Gajah di catat UNESCO sebagai warisan dunia tetapi daftar tentatif yang berarti masih menunggu kepastian pada 19 Oktober 1995 bidang kebudayaan.
17. Goa Lawa : seperti namanya, obyek wisata Goa Lawa merupakan tempat yang dihuni bermacam-macam lawa atau kelelawar, terletak di Klungkung.
18. Hang out di Legian : sebuah tempat wisata yang terletak di dekat Kuta, keunikan tempat ini jika hari semakin malam maka makin ramai. Di sana banyak tersedia cafe, resto, bar dan diskotikyang mudah dijangkau pengunjung.
19. Istana presiden Tampak Siring : merupakan tempat wisata Bali yang berwujud Istana, dibangun setelah Republik Indonesia merdeka di bawah pemerintahan Presiden Soekarno. Letak Istana Tampaksiring adalah di Desa Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Provinsi Bali.

Sekilas mengenai Istana tampaksiring

Tampaksiring berasal dari kata tampak dan siring (bahasa Bali), tampak berarti telapak dan siring berarti miring. Menurut legenda, nama tersebut berasal dari bekas telapak kaki seorang raja bernama Mayadenawa. Raja tersebut sakti sekaligus pandai, tetapi sifatnya tidak berbudi. Mayadenawa beranggapan dirinya adalah dewa, maka dari itu seluruh rakyat diperintahkan untuk menyembahnya.

Karena tindakan Mayadenawa tersebut, Batara Indra murka untuk menangkap Mayadewa. Raja tersebut lari masuk ke dalam hutan. Karena Mayadewa cerdik sekaligus sakti untuk mengecoh para pengejarnya, ia berjalan dengan cara telapak kakinya dimiringkan. Namun demikian akhirnya Mayadewa tertangkap.

20. Karma beach : sebuah pantai yang paling digemari bangsa barat untuk menghabiskan waktunya dengan berjemur diri.

21. Kebun raya Bedugul : sebuah tempat wisata Bali yang berlokasi sekitar pura Ulun danau Beratan.

22. Kerta Gosa Klungkung : sebuah desa wisata dan pura yang indah dan mengesankan.

23. Kintamani : salah satu tempat wisata Bali terkenal dengan pemandangannya yang indah di atas sebuah gunung dengan nuansa danau membiru di bawahnya.

24. Laut Bias Tugel : sebuah tempat wisata laut di Bali yang digunakan wisatawan baik lokal maupun asing yang memiliki hobi memancing.

25. Monumen Bajra Sandhi : sebuah tempat wisata sejarah yang menggambarkan sejarah perjuangan masyarakat Bali mulai dari zaman pra sejarah (kuno) hingga zaman perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

26. New Kuta Green Park Pecatu : sebuah tempat wisata air di Bali cocok untuk yang ingin memanjakan putra putrinya.

27. Nusa Dua : sebuah tempat wisata mewah yang terkenal dengan hotel dan resort mewah.

28. Bali Pecatu Graha sering disingkat BPG : sebuah tempat wisata air dan lapangan golf yang luas luas bertempat di Desa Pecatu, Kuta Selatan.

29. Pantai Baluk Rening : sebuah tempat wisata pantai di Bali sekaligus pengobatan, menurut mitosnya air laut dan pasir hitam pantai Baluk Rening memiliki khasiat menyembuhkan penyakit rematik dan asam urat. Caranya merendamkan diri di air laut atau dengan menimbun badan dengan pasir hitam yang ada di situ.

30. Pantai Dreamland : sebuah wisata pantai di Bali yang memiliki ombak cocok untuk berselancar, mayoritas pengunjungnya wisatawan asing.

31. Pantai Geger : wisata pantai berombak tenang yang letakanya dekat dengan Nusa Dua.

32. Pantai Jimbaran : wisata pantai Bali yang banyak dikunjungi pecinta masakan seafood yang letaknya dekat dengan Bandara Ngurah Rai.

33. Pantai Karang Asem : sebuah pantai yang disebut penduduk setempat dengan pantai Perasi, sedangkan bagi para wisatawan asing lebih dikenal dengan nama Virgin beach atau White Sand beach.

34. Pantai kedonganan : sebuah wisata pantai pasir putih dengan hidangan laut lengkap di pinggir pantai. Bagi anda pecinta masakan laut pasti akan betah di sana sambil menikmati pemandangan.

35. Pantai Kuta : sebuah pantai terkenal di kalangan wisatawan yang takkan luput dari tujuan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata ini.

36. Pantai Legian, sebuah pantai yang tidak begitu ramai, namun keindahan sunsetnya selalu mengundang siapa saja, terlebih para fotografer.

37. Pantai Lovina : sebuah pantai indah di wilayah utara Bali, terkenal dengan lumba-lumba ketika pagi hari datang.

38. Pantai padang : sebuah pantai tenang dengan pasir putih indah, maka tak mengherankan jika tempat ini acap kali digunakan sebagai background shooting sebuah film.

39. Pantai Pandawa : banyak yang menganggap tempat ini tidak begitu indah, namun keelokan jalan menuju pantailah yang lebih mengesankan.

40. Pantai Sanur : sebuah tempat wisata yang cukup tenang. terkenal dengan sunrisenya. Tempat ini menjadi pelabuhan kapal murah menuju ke Lembongan. Ingin tahu wisata Lembongan? Silahkan baca informasinya di artikel : Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung

41. Pantai tanah lot : sebuah obyek wisata pantai yang terkenal di Bali. Lokasinya di Desa Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan. Berjarak kurang lebih 13 kilometer arah barat kota Tabanan. Sedangkan jika ditempuh dari Dari Bandar udara Ngurah Rai membutuhkan sekitar 1 jam.

42. Pantai Uluwatu : pantai wisata yang memiliki ombak besar, cocok bagi wisatawan yang suka berselancar.

43. Pantai Ungasan : pantai baru yang belum begitu ramai, karena belum lama ditemukan, terletak di Bali bagian selatan. Meski belum begitu ramai, namun telah banyak tersedia resort mewah di sana.

44. Pasar seni Sukawati : sebuah tempat wisata belanja murah.

45. Pasar seni Ubud : tak beda jauh dengan Pasar seni Sukawati, di tempat ini para wisatawan dapat memilih dan berbelanja barang-barang bernilai seni.

46. Patung Garuda Wisnu Kencana : sebuah patung Dewa Wisnu raksasa sedang menunggangi Garuda. Patung ini memiliki ketinggian 12 meter. Merupakan sebuah Taman Budaya, yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, dan sering disingkat GWK. terletak di wilayah selatan Bali, tepatnya di Tanjung Nusa Dua, Kab. Badung, kurang lebih 40 kilometer sebelah selatan kota Denpasar.

47. Pulau Lembongan : seperti yang telah disebutkan di atas, tempat wisata ini bisa di jangkau melewati Pantai Sanur.

48. Pulau Menjangan : sebuah pulau wisata yang tidak ada penghuninya,terkenal dengan keindahan taman wisata bawah laut.

49. Pulau Penyu : sebuah pulau wisata dengan berbagai penyu yang dilindungi pemerintah. Terletak di kawasan Tanjung Benoa, Bali.

50. Pura Besakih : sebuah pura terbesar yang indah dan selalu dikunjungi banyak wisatawan.

51. Pura Taman Ayun : sebuah tempat wisata yang indah berupa taman kerajaan.

52. Pura Yeh Pulu : tempat wisata Bali yang mayoritas pengunjungnya bangsa barat.

53. Pusat souvenir Joger : terletak di Kuta yang banyak dikunjungi wisatawan lokal.

54. Sangeh : tempat wisata di Bali yang terkenal berupa hutan kecil yang banyak dihuni kera.

55. Sea Walker Sanur : sebuah tempat di dasar laut yang indah, namun konon kabarnya masih kalah populer jika dibandingkan dengan Benoa.sea walker.

56. Sea Walker Tanjung Benoa : sebuah tempat wisata laut utama di Bali, yang membebaskan pengunjungnya untuk memberi makan berbagai ikan yang terdapat di sana.

57. Sugar Club : tempat menyenangkan di Seminyak yang banyak dikunjungi di malam hari.

58. Taman Nasional Bali Barat disingkat TNBB : tempat wisata hewan langka seperti harimau dan burung jalak Bali.

59. Tegal Wangi (Hidden Beach) : sebuah pantai pasir putih yang dijadikan wisata terletak dekat Jimbaran, acapkali digunakan sebagai pre-wedding.

Peta Pulau Bali Lengkap

Untuk mengetahui di mana saja letak tempat wisata di Bali secara detail, di sini kami lampirkan gambar peta Pulau Bali secara lengkap. Silahkan klik peta Bali untuk melihat lebih jelas.

Peta Pulau Bali Lengkap

Demikian ulasan yang cukup panjang mengenai Daftar tempat wisata di Bali yang patut dikunjungi, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi anda para pecinta wisata Bali.
Daftar tempat wisata di Bali yang patut dikunjungi
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *