Telinga sebagai indra pendengaran

Telinga sebagai indra pendengaran - Setelah kita bahas mengenai Bagian mata dan fungsinya, selanjutnya akan sedikit kita ulas mengenai bagian tubuh kita yang lain, yaitu telinga sebagai indra pendengaran. Selain berfungsi sebagai indra pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai keseimbangan.

Telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga yang berfungsi untuk membantu memusatkan suara yang masuk lewat lubang telinga, dan lubang telinga yang berfungsi menyalurkan suara ke selaput gendang telinga.

Telinga bagian tengah terdiri atas selaput gendang telinga, berfungsi untuk menangkap suara dari lubang telinga, tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi yang berfungsi untuk meneruskan getaran suara menuju telinga bagian dalam, saluran eustachius berfungsi mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga agar tetap seimbang.

Telinga bagian dalam terdiri atas rumah siput berfungsi sebagai penerima getaran suara dari tulang pendengaran, dan saraf pendengaran yang mengirimkan getaran suara yang diterima ke otak.

Mengapa telinga bisa mendengar?

Mekanisme telinga mengapa dapat mendengar adalah : suara masuk ke telinga melalui udara, ditangkap oleh gendang telinga menimbulkan getaran. Kemudian oleh getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar.

Gangguan pada telinga

Gangguan pada telinga antara lain tuli : otosklerasisi yang diakibatkan tulang pendengaran tumbuh secara berlebihan, otitis media yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang ditandai dengan keluarnya nanah, dan infeksi atau sering disebut congek.

Tips merawat telinga

Cara merawat telinga antara lain membersihkan telinga luar secara rutin dengan cotton bud, menghindari suara yang terlalu keras, dan jangan mengorek telinga terlalu dalam, karena bisa menyebabkan infeksi.

Baca juga:





Demikian sekilas informasi mengenai Telinga sebagai indra pendengaran, bagian-bagiannya, gangguan yang timbul pada telinga, dan tips merawatnya, semoga memberi manfaat bagi anda yang sedang mencari artikel mengenai telinga.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian