Rabu, 02 September 2015

3 jenis simbiosis dan contohnya

3 jenis simbiosis dan contohnya - Dalam pelajaran biologi pernahkah anda mendengar yang disebut simbiosis? Apakah itu simbiosis? Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup yang satu dengan yang lain dapat saling berhubungan. Hubungan khusus makhluk hidup itulah yang disebut simbiosis. Secara lengkap, simbiosis adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang berbeda.

Ada 3 jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Agar lebih jelas, berikut pembahasan lengkapnya.

1. Simbiosis mutualisme, adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Adapun contoh simbiosis mutualisme adalah :

a. kerbau dengan burung jalak.

Burung jalak mencari makan pada tubuh kerbau yang berupa kutu kerbau, sedangkan kerbau diuntungkan karena kutu pada tubuhnya telah diambil atau dihilangkan.

b. Kupu-kupu dan bunga

Kupu-kupu mendapatkan nektar dari bunga, sedangkan bunga akan dibantu penyerbukannya oleh kupu-kupu.

2. Simbiosis komensalisme, adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak yang satunya. Contoh simbiosis komensalisme adalah :

a. Ikan remora dengan ikan hiu
Ikan remora yang berenang menempel pada ikan hiu akan mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu. Sedangkan ikan hiu tidak merasa dirugikan dengan perilaku ikan remora tersebut.

b. Anggrek dengan tumbuhan yang ditumpanginya
Anggrek hidup menempel pada tumbuhan yang ditumpanginya, diuntungkan karena mendapat tempat hidup, sedangkan bagi tumbuhan yang ditumpangi tidak memberikan pengaruh apa-apa.

3. Simbiosis parasitisme, adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup di mana satu makhluk hidup diuntungkan dan yang satunya dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah sebagai berikut :

a. Bunga Raflesia dan tumbuhan inang
Bunga Raflesia merasa diuntungkan karena mengambil makanan dari tumbuhan inang, sedangkan tumbuhan inang merasa dirugikan.

b. Benalu dan tumbuhan yang ditumpanginya
Benalu mengambil makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya, sehingga benalu merasa untung dan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan.

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai 3 jenis simbiosis dan contohnya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari artikel yang berhubungan dengan pelajaran biologi.

Related Posts

3 jenis simbiosis dan contohnya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *