Selasa, 01 September 2015

Hidung sebagai indra penciuman

Hidung sebagai indra penciuman - Pada lubang hidung terdapat bulu yang berguna untuk menyaring kotoran yang masuk ketika kita bernafas. Terdapat pula saraf-saraf pembau yang terletak pada selaput lendir.

Fungsi hidung sebagai indra pembau atau indra penciuman dan saluran pernafasan. Beberapa contoh gangguan yang sering membuat tidak nyaman antara lain adalah salesma (pilek/influenza) dengan ditandai tersumbatnya saluran pernafasan, anosmia disebabkan selaput romgga hidung bengkak, banyak mengeluarkan lendir, sehingga menutup ujung-ujung saraf pembau, dan polip

Apa itu polip? Polip adalah daging yang tumbuh di dalam rongga hidung, sehingga mengganggu aktivitas hidung itu sendiri. Misalnya saja suara orang bisa menjadi bengek.

Selain itu gangguan, gangguan hidung yang kelihatannya ringan namun mengganggu adalah bersin-bersin. Bersin dapat terjadi disebabkan oleh kotoran yang masuk ke hidung. Kotoran tersebut merangsang serabut saraf yang peka pada selaput lendir akan terasa geli, maka terjadilah bersin. Sewaktu bersin kotoran yang ada dalam hidung akan terbawa keluar.

Tips merawat hidung antara lain dengan membersihkan hidung setiap hari, menutup hidung dengan masker atau sapu tangan jika berada di tempat yang berdebu atau kotor. Gunakan masker ketika anda berkendaraan sepeda motor, apalagi ketika malam hari. Karena malam hari terkadang bisa menyebabkan alergi dingin yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan anda.

Baca juga:





Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Hidung sebagai indra penciuman, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai hidung karena mungkin saja hidung anda terganggu.

Related Posts

Hidung sebagai indra penciuman
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *