Jenis alat optik dan penjelasannya

Jenis alat optik dan penjelasannya - Alat optik adalah alat yang menggunakan lensa. Alat optik banyak jenis atau macamnya, antara lain : mata, kamera, teleskop, periskop, dan OHP. Secara detail di bawah ini penjelasan mengenai alat-alat optik tersebut.

1. Mata

Seperti telah dibahas pada artikel : Bagian mata dan fungsinya, bahwa mata merupakan indra penglihatan, melalui mata manusia dapat mengenal dunia luar. Manusia memiliki sepasang bola mata yang terletak di rongga mata dan beberapa bagian mata yang lain. Tiap-tiap bagian mata memiliki fungsi yang berbeda. Apa Berikut bagian-bagian mata dan fungsinya :

Bagian-bagian mata
1. Kornea mata, berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata.
2. Iris atau selaput pelangi, berfungsi untuk memberi warna pada mata.
3. Pupil, berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Apabila cahaya yang masuk ke mata sedikit, pupil akan melebar. Namun jika cahaya yang masuk ke mata banyak,, pupil akan memipih atau mengecil.
4. Lensa mata, berfungsi untuk memfokuskan dan menruskan cahaya yang masuk ke mata. Lensa mata dapat menebal ketika melihat benda yang dekat dan menipis ketika melihat benda yang jauh dalam memfokuskan cahaya. Kemampuan lensa mata tersebut disebut daya akomodasi.
5. Retina, berfungsi sebagai tempat jatuhnya bayangan benda. Retina terletak di belakang lensa mata.
6. Saraf mata, berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang masuk ke susunan saraf pusat di otak.

Cara kerja mata
Benda dapat kita lihat karena memantulkan cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya dipantulkan oleh benda menuju ke mata. Pemantulan benda tersebut diterima oleh kornea melalui lensa.

Oleh lensa, cahaya dibiaskan sehingga terbentuk bayangan terbalik di retina. Saraf pada retina menyampaikan bayangan yang dilihatnya menuju ke otak. Otak akan mengolahnya sehingga kita dapat melihat benda yang sebenarnya. Sifat bayangan pada retina adalah nyata, diperkecil, dan terbalik.

Kelainan atau gangguan pada mata
Cacat mata atau kelainan mata disebabkan karena hilangnya kelenturan lensa mata. Akibatnya lensa mata tidak dapat berakomodasi dengan baik. Pada mata normal, bayangan benda yang terbentuk jatuh tepat di retina. Adapun pada mata yang tidak normal atau cacat, bayangan benda jatuh di depan atau di belakang retina, sehingga benda yang dilihatnya tidak jelas atau kabur.

Cacat mata cukup banyak jenisnya. Beberapa jenis cacat mata antara lain : rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan mata tua (presbiopi). Berikut penjelasan masing-masing cacat mata.

1. Rabun jauh (miopi)
Rabun jauh merupakan cacat mata tidak mampu melihat benda yang jauh. Miopi disebabkan karena jarak titik api dan lensa mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Pada cacat mata miopi, bayangan benda jatuh di depan retina. Agar bayangan benda jatuh tepat pada retina, penderita rabun jauh dibantu dengan kacamata berlensa cekung (negatuf).

2. Rabun dekat (hipermetropi)
Rabun dekat merupakan cacat mata yang tidak mampu melihat benda jarak dekat. Rabun dekat terjadi karena lensa mata terlalu pipih. Pada cacat mata jenis ini, bayangan benda jatuh di belakang retina. Penderita rabun dekat harus dibantu dengan kacamata berlensa cembung/positif (kebalikan dari penderita rabun jauh) agar bayangan benda jatuh tepat pada retina.

3. Presbiopi (mata tua)
Presbiopi adalah cacat mata yang terjadi karena daya akomodasi mata berkurang oleh faktor usia. Penderita cacat mata presbiopi tidak mampu melihat benda yang letaknya dekat. Selain itu, penderita kelainan presbiopi tidak mampu melihat benda yang letaknya jauh dengan jelas. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa rangkap, yaitu cekung dan cembung (negatif positif).

Jenis alat optik dan penjelasannya

2. Lup

Lup disebut juga kaca pembesar. Lup merupakan alat optik yang menggunakan lensa cembung. Penggunaan lup berdasarkan sifat-sifat dari kerja cembung. Lup digunakan orang untuk melihat benda-benda yang kecil, agar terlihat lebih besar. Tukang jam biasanya menggunakan lup untuk mengambil benda-benda yang berukuran kecil.


3. Mikroskop

Jika lup digunakan untuk melihat benda yang kecil, Mikroskop digunakan untuk melihat benda-benda yang ukurannya sangat kecil agar terlihat lebih besar. Mikroskop dapat memperbesar bayangan benda hingga ratusan bahkan ribuan kali.

Mikroskop memiliki dua lensa cembung, yaitu lensa okuler dan lensa objektif. Lensa okuler adalah lensa yang dekat dengan mata. Sedangkan lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan benda yang diamati.

4. Kamera

Kamera merupakan alat yang digunakan untuk memotret suatu benda. Lensa pada kamera umumnya dipasang secara bersusun. Pada susunan lensa tersebut terdapat diafragma yang berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke dalam kamera.

Apabila cahaya terang, diafragma akan menyempit. Jika cahaya redup, diafragma akan melebar. Jadi, diafragma berfungsi seperti pupil. Bayangan yang terbentuk pada kamera diperkecil dan terbalik. Kamera terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian lensa, ruang atau kotak yang kedap cahaya, dan film.

5. Teleskop

Teleskop atau teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang letaknya jauh, sehingga tampak lebih dekat. Teleskop digunakan untuk mengamati planet, bulan, dan bintang.

6. Periskop

Bagaimana kapal selam melihat keadaan di permukaan laut? Pada kapal selam dilengkapi periskop yang berfungsi untuk melihat keadaan permukaan laut. Pada sebuah periskop terdapat dua buah cermin dan lensa. Adanya bagian-bagian tersebut memungkinkan teleskop dapat digunakan untuk melihat benda-benda di tempat jauh.

7. Overhead Proyektor (OHP)

OHP merupakan alat yang digunakan pada gambar tembus cahaya. Alat ini biasanya digunakan untuk mengajar di kelas atau dalam seminar. OHP dapat memproyeksikan gambar dan tulisan. Gambar dan tulisan dengan spidol pada plastik tembus cahaya dapat diproyeksikan pada layar lebar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Jenis alat optik yang dijelaskan secara singkat, semoga menjadikan manfaat.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian