Cara praktis mengenali batu permata

Cara praktis mengenali batu permata - Ada baiknya kita sedikit mengetahui cara atau teknik untuk mengenali permata yang hendak kita beli. Tujuan tulisan ini bukanlah untuk mendorong anda untuk menjadi seorang ahli batu permata. Kalaupaun kemudian anda menjadi ahli permata, tentu akan menggembirakan.


Apa yang akan disampaikan disini hanyalah satu teknik sederhana untuk mengenali jenis, mutu dan bentuk permata yang kita lihat. Mungkin ini sekedar bekal sederhana untuk anda agar tidak terlalu buta sama sekali terhadap batu permata. Sehingga sedikit banyak membantu anda para pembaca enjang.com untuk menghindari penipuan yang pernah dialami banyak orang.


Harus pula anda ingat bahwa  mengenali batu permata dan mutunya tidaklah mudah, bahkan untuk seorang ahli pun. Kemajuan teknologi mendorong produksi permata tiruan berlimpah-limpah dengan segala macam corak dan bentuknya. Sangat sulit membedakan mana yang imitasi dan mana yang alami.


Terkadang mereka ini membuat bahan permata secara gumpalan besar, kemudian dipotong dan diasah seperti halnya batu permata yang diambil dari alam. Hasilnya sungguh luar biasa. Untuk itulah sangat sulit orang membedakan mana yang asli dan mana yang aspal (asli tapi ) palsu .


Seorang ahli batu permata yang benar-benar jeli dan piawai tidak cukup hanya membaca uraian ini. Ia harus menambah pengetahuannya berupa bacaan yang komplit, berguru pada seorang ahli dan mencari pengalaman selama bertahun-tahun. Itupun sesekali mereka masih juga terkecoh. Jadi, janganlah terlalu percya pada pengetahuan kita yang masih sedikit.


Seorang ahli batu permata memberi saran, bahwa mengetahui sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali. Bila kita ragu-ragu lebih baik rencana pembelian dibatalkan saja, menunggu sampai yakin benar. Ini akan membuat kita tidak tertipu dan tentu saja menghemat banyak.


Satu hal yang harus dihindari dalam memilih dan membeli batu permata adalah bernafsu besar. Hindarilah nafsu yang menggebu-gebu ingin segera memiliki, karena ini bisa membuat batu koral tampak menjadi sebentuk intan di mata anda. Menunda sangatlah berarti untuk pengeluaran kita.




[caption id="attachment_12607" align="aligncenter" width="729"]Cara praktis mengenali batu permata Cara praktis mengenali batu permata[/caption]

15 hal yang harus dipelajari sebelum membeli batu permata


Agar anda lebih paham sekaligus sebagai bahan pelajaran dalam mengenal batu permata atau batu mulia, berikut 15 hal yang harus anda perhatikan ketika akan membeli batu permata atau sekedar ingin mengetahuinya.




  1. Melatih visual

  2. Efek Doubling (Ganda)

  3. Retakan

  4. Kemengkilapan permukaan

  5. Belahan

  6. Warna

  7. Faset

  8. Tingkat kekerasan batu permata

  9. Gravitas spesifik atau berat jenis

  10. Tes Refraksi

  11. Pengetesan lewa periskop

  12. Pengukuran memakai Dikroskop

  13. Pengujian warna permata

  14. Beberapa sifat dan ciri permata sintetis

  15. Nama ilmiah dan nama asaran batu permata


Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan mengenai batu permata. Karena tulisan penjelasan yang terlalu panjang, dari kelima belas hal tersebut masing-masing akan dijelaskan dalam 15 point artikel pula yang akan diposting setiap hari. Untuk itu, semoga anda rajin mengunjungi situs infromasi ini.




Selanjutnya : Melatih visual terhadap keaslian batu permata


Cara praktis mengenali batu permata
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *