Jenis kebutuhan menurut intensitasnya


Jenis kebutuhan menurut intensitasnya - Manusia hidup di dunia ini memiliki bermacam-macam kebutuhan, dari yang paling kecil hingga besar, dari yang murah sampai yang mahal, dari yang sepele hingga yang terpenting. Secara naluriah setiap manusia selalu ingin memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara. Menurut intensitasnya kebutuhan manusia dibagi menjadi 3, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan mewah.


Berikut ini pembahasan lengkap mengenai kebutuhan manusia menurut intensitasnya.


1. Kebutuhan Primer (kebutuhan pokok)


Kebutuhan primer adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan ini tidak bisa ditangguhkan pemenuhannya, tetapi harus diutamakan untuk dipenuhi. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan alamiah atau kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan yang dituntut oleh setiap jasmani makhluk hidup untuk membangun tubuh demi kelangsungan hidupnya.


Contoh: makan, minum, pakaian, dan rumah untuk berlindung.


2. Kebutuhan sekunder


Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pelengkap atau tambahan. Kebutuhan ini dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Hal ini bukan berarti kebutuhan sekunder tidak penting. Pada dasarnya setelah kebutuhan primer terpenuhi, seseorang akan memperhatikan kebutuhan sekunder untuk ketenteraman dan kenyamanan hidupnya.


Kebutuhan sekunder disebut juga kebutuhan kultur, karena munculnya kebutuhan tersebut disebabkan oleh adanya perkembangan kebudayaan, peradaban, dan ilmu pengetahuan manusia dari masa ke masa.


Contoh: perabot rumah tangga, radio, kendaraan, buku, dan lain-lain.


3. Kebutuhan mewah (Lux)


Kebutuhan mewah atau lux adalah suatu kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini menunjukkan kemewahan. apabila kebutuhan mewah ini tidak dapat terpenuhi, tidak akan mengakibatkan kesulitan dan gangguan dalam kelangsungan hidup.


Kebutuhan mewah mengarah pada tujuan untuk mempertinggi status sosial atau prestise seseorang di mata masyarakat, bukan karena kegunaan dan kepentingannya. Batas antara kebutuhan sekunder dengan kebutuhan mewah antara orang satu dengan yang lain berbeda. Perbedaan ini ditentukan oleh kedudukan dan status ekonomi seseorang di masyarakat.


Contoh: kebutuhan TV untuk orang menengah ke bawah termasuk kebutuhan mewah, tetapi bagi yang tingkat ekonominya kelas atas TV termasuk kebutuhan sekunder.


Baca juga :




Demikian jenis kebutuhan menurut intensitasnya, semoga menambah wawasan pengetahuan sosial kita.

Jenis kebutuhan menurut intensitasnya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *