Senin, 23 Mei 2016

Pengertian kebutuhan

Setelah sebelumnya kita bahas pengertian ilmu ekonomi melalui artikel Ilmu ekonomi adalah, selanjutnya enjang.com akan membahas secara lebih jelas mengenai pengertian kebutuhan hidup. Pengertian kebutuhan adalah setiap keinginan manusia baik berupa barang, jasa, atau lainnya yang memberikan kepuasan bagi jasmani atau rohani, untuk kelangsungan hidup manusia.Kebutuhan dapat diartikan pula sebagai segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka mensejahterakan hidupnya.


Kebutuhan hidup manusia itu banyak sekali dan beraneka ragam, sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Kenyataan ini yang menjadi inti masalah ekonomi.


Masalah ekonomi dihadapi oleh umat manusia, apakah mereka sebagai perseorangan atau negara. Pokok persoalannya adalah: bagaimanakah dengan sumber-sumber yang terbatas, manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam.



Kebutuhan senantiasa menampakkan dirinya sebagai suatu perasaan kekurangan yang menimbulkan keinginan untuk dipenuhi. Apa yang terjadi pada saat anda lapar dan haus? Tentunya anda punya keinginan untuk makan dan minum. Demikian pula perasaan keinginan/kebutuhan anda terhadap pakaian, tempat tinggal, radio, TV, kendaraan, dan sebagainya.


Dalam melakukan pekerjaannya, manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan itu dapat berupa: misalnya: jasa seorang dokter, jasa seorang seniman, dan sebagainya.


Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut manusia akan merasa puas, misalnya apabila lapar dia bisa makan dengan kenyang, apabila panas dan hujan dia bisa berteduh maka dia akan merasa nyaman. Dengan dipenuhinya kebutuhan tersebut maka hidup manusia dapat berlanjut.


Kebutuhan hidup manusia sangat beragam dan berlangsung selama manusia hidup. Banyak kebutuhan dan macamnya tergantung pada perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat perekonomian, keadaan tempat, waktu pemenuhan tingkat pendidikan, agama dan kepercayaan, dan sebagainya.


Kebutuhan manusia (human needs) adalah suatu rasa yang muncul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya.

Related Posts

Pengertian kebutuhan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *