Trekking ke puncak Himalaya Nepal

Trekking ke puncak Himalaya Nepal - Nepal merupakan sebuah kerajaan kecil di kaki Pegunungan Himalaya, sangat terkenal di kalangan pendaki gunung. Maklum, gunung tertinggi di dunia, Mt. Everest dengan ketinggian mencapai 8.848 m ini terletak di sana. Selain masih ada puncak-puncak lain.

Hal itu dimanfaatkan untuk menarik wisatawan. Mereka bukan cuma menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga kesempatan untuk mendaki gunung yang mereka sebut trekking. Trekking ini bukanlah mendaki puncak-puncak tertinggi seperti Mount Everest, Nuptse, Lhotse Shar, Lhotse, Pumori, Anapura dan lain-lain, melainkan puncak-puncak yang lebih rendah seperti Mera Peak di kawasan Khumbu Himal. Itupun tingginya sudah 6.431 m.

Puncak lain yang dipilih penggemar trekking antara lain Island Peak (Imja Tse de 6189 m), Lobuje (6.119 m), dan lain-lain.

Meskipun trekking ini tidak melewati medan-medan curam yang sulit, namun perjalanan yang ditempuh cukup jauh, sehingga persiapan dan perlengkapannya harus benar-benar Ok.

Musim Trekking

Bulan Oktober - Mei, yaitu musim gugur merupakan saat terbaik untuk mengadakan trekking. Saat itu langit bersih dan membiru, sehingga pegunungan tampak indah sekali.

Permulaan Januari atau Pebruari kurang baik untuk pemula. Selain dingin, di daerah yang letaknya di ketinggian lebih rendah dari 3000 m itu sering terjadi salju longsor. Namun, itu bukan berarti tidak menarik, terutama bagi mereka yang berpengalaman, karena lebih banyak tantangan yang dihadapi.

Bagi pecinta bunga atau alam, sebaiknya melakukan trekking pada bulan Maret. Karena pada awal musim semi itu bunga-bungaan seperti dahlia, geranium, rhododendron serental berbunga, sehingga punggung Pegunungan Himalaya diselimuti oleh bunga-bunga liar dan warna-warni.

Bulan April dan Mei, suasana hangat mulai merayapi daerah ketinggian di bawah 3000 m. Saat ini merupakan waktu terbaik untuk mendaki puncak-puncak yang tinggi di atas 5.000 m. Gunung terlihat baik, jarang diselimuti awan atau kabut dan malam hari suhu udara cenderung stabil.

Izin Trekking

Jika anda berminat melakukan trekking ke puncak Himalaya Nepal, anda bisa meminta visa dari Kedutaan Nepal di Jakarta atau dari konsulat. Anda akan diberi visa untuk satu bulan. Tetapi jika anda datang langsung ke Kathmandu, maka anda hanya akan mendapat visa tujuh hari saja.

Visa Nepal berlaku hanya untuk Lembah Kathmandu, Pokhara, dan Chitawan. Untuk mengadakan perjalanan ke beberapa daerah Nepal lainnya, haruslah mengurus izin dari Central Imigration Office, Maiti Devi. Mengurusnya membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Hari Sabtu dan hari libur kantor tutup. Anda harus berhati-hati dan memaklumi jika berurusan dengan masalah birokrasi.

Trekking tanpa pemandu

Trekking tanpa pemandu sangat murah, mudah dan kita bebas menentukan ke mana kita suka. Di Nepal, sebaiknya pergunakan bus atau pesawat untuk mencapai titik awal untuk berjalan. Taksi jauh lebih mahal. Pada hari libur resmi, bus serta kendaraan umum lainnya juga libur, kecuali kalau dicarter.

Sebelum meninggalkan Kathmandu, siapkan dahulu buku panduan, peta perjalanan serta deskripsi lintasan, yang nantinya akan sangat penting untuk ketepatan waktu trekking.

Untuk perjalanan di atas 3000 m, sebaiknya bawa juga tenda, sleeping bag (kantung tidur), down jacket serta makanan kecil secukupnya. Kecuali jika memilih untuk menginap di tea house (rumah penduduk), di sana anda akan disuguhi sepiring makanan yang cukup mengenyangkan. Di sana ada juga makanan eropa, hanya saja menurut resep di desa tersebut.

Agen perjalanan

Di Kathmandu, kurang lebih ada 41 agen perjalanan. Agen ini sangat penting untuk perjalanan jauh di Nepal. Karena mereka bisa membantu dari segi keamanan atau kepada siapa harus dilaporkan jika terjadi kecelakaan. Mereka juga bisa menyediakan catatan rinci rute perjalanan, menyewakan peralatan, informasi kesehatan, mengkoordinasikan transportasi ke dan dari Nepal dengan harga yang relatif murah.

Agen perjalanan ini bisa dihubungi dengan surat sebelumnya atau bisa juga langsung datang ke kantor agen setelah tiba di Kathmandu. Beberapa agen ada yang menyediakan pemand, dan ingat jangan menyewa freelance guide tanpa lisensi dari pemerintah!

Ada beberapa agen yang bisa mengkoordinasikan kelompok trekking. Ini pilihan terbaik, jika waktu anda terbatas dan tidak punya kelompok. Selamat bertrekking ria di puncak Himalaya Nepal.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian