Bonsai mini hingga raksasa

Bonsai mini hingga raksasa - Berdasarkan ukurannya, bonsai ada bermacam-macam. Bonsai mini yang ukurannya kurang dari 10 cm, kira-kira 5 cm, disebut bonsai. Yang ukurannya sampai sekitar 15 cm termasuk bonsai kecil. Jika ukurannya sekitar 15-30 cm disebut bonsai sedang. Bonsai besar berukuran sekitar 30-75 cm. Yang lebih besar dari itu kira-kira 75 cm - 1,5 cm tergolong bonsai raksasa.


Dari beberapa ukuran itu bonsai kecil dan medium termasuk yang paling populer. Karena bonsai ukuran medium tidak terlalu besar dan mudah diangkat-angkat. Sosoknya sudah dibentuk hingga menyerupai pohon tua, dengan lekuk-lekuk yang agak panjang.


Mame bonsai dan bonsai kecil, umumnya bisa dibuat lebih cepat dibandingkan dengan bonsai besar. Pada pembentukan bonsai besar, untuk mencapai keseimbangan antara batang dan daun biasanya membutuhkan waktu lebih lama.


Mame bonsai atau bonsai kecil dengan sendirinya dibuat dari tanaman kecil yang bukan perdu. Meski begitu, pohon raksasa pun bisa saja dibuat mame bonsai, yaitu dengan setek (potongan batang atau dahan), kemudian dibentuk supaya tidak tumbuh tinggi.


Selain setek, bonsai juga bisa dibuat dari biji yang disemai (ini perlu waktu lama), cangkok, mencari atau mengambil dari alam yang biasanya berupa tunggul.

Bonsai mini hingga raksasa
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *