Dari mana asal tanaman kaktus?

Dari mana asal tanaman kaktus? Ada berapa jenis dan bagaimana sifat-sifatnya?


Jawab: Tanaman kaktus (Cactaceae) umumnya berasal dari negara-negara Amerika Selatan, di antaranya Meksiko, Brasil, Uruguay dan Argentina. Kaktus ini memiliki berbagai bentuk, antara lain kaktus batang yang meliputi jenis Cereus dan Opuntia, dan kaktus daun yang terdiri atas jenis Epiphyllum dan Pereskia.


Kaktus batang yang terdapat di Indonesia di antaranya Cactus Jamacaru, Cactus peruvianus, Opuntia monacantha dan Opuntia nigricans yang semuanya berasal dari Brasil.


Sedangkan kaktus daun yang ada antara lain: Rhipsalis Houlletiana, Epiphyllum crenatum, Pereskia bleo dan Pereskia pereskia.


Di samping itu, ada pula yang dinamakan kaktus centung (Opuntia vulgaris), kaktus kubis (Opuntia glauca) dan kaktus panda (Kalanchoe tomantosa).


Tanaman kaktus ini menyerap air sebanyak-banyaknya di musim hujan untuk disimpan dalam batangnya. Dengan kutikula (lapisan berupa lilin) yang tebal dan permukaan penguapan yang sempit membuat penguapan airnya hanya sedikit, sehingga mampu bertahan pada cuaca panas dan kering yang lama.

Dari mana asal tanaman kaktus?
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *