Kamis, 02 Juni 2016

Tips perawatan bonsai yang baik

Tips perawatan bonsai yang baik - Perawatan bonsai sebetulnya tidak terlalu sulit. Yang utama, bonsai harus mendapat sinar matahari penuh, yang sangat penting untuk proses fotosintetis. Bonsai bukan tanaman yang suka dikurung di dalam ruangan. Setiap hari, pagi dan sore, mesti disiram, lebih-lebih pada waktu tidak ada hujan. Pohon kerdil ini sebaiknya ditaruh di tempat yang sirkulasi udaranya lancar dan tidak pengap.

Pemberian pupuk, tentu saja tidak boleh lupa, meski tidak perlu terlalu sering. Sebulan sekali sudah cukup, bisa berupa pupuk cair atau tablet. Jika menggunakan pupuk tablet bisa diberikan 2-3 bulan sekali.

Penggunaan pupuk organik, berupa kompos atau humus akan lebih baik dibandingkan dengan pupuk buatan pabrik (pupuk anorganik). Pupuk organik bisa memperbaiki struktur tanah. Sekali waktu, terutama kalau terkena penyakit (jamur) atau kutu, bonsai juga perlu disemprot dengan fungisida atau insektisida. Pemangkasan dilakukan di mana perlu saja.

Untuk tempat tumbuhnya bonsai membutuhkan media tanam yang baik dan subur. Media tanam itu bisa berupa campuran tanah gunung (top soil), humus, dan pasir dengan perbandingan kira-kira 1 : 1 : 1.

Tanah yang agak kasar lebih baik dibandingkan dengan tanah yang halus sekali. Tanah yang baik memungkinkan drainase dalam media lancar dan pertumbuhan akarnya pun menjadi baik. Demikian juga pasirnya harus bersih, tidak mengandung lumpur ataupun benda-benda lain yang tidak bermanfaat.

Humus atau kompos penting untuk menambah kesuburan media tanam. Khusus untuk jenis cemara, seperti cemara udang, cemara pua-pua, dan juga cemara lainnya, perbandingan media tanamnya bisa 1 bagian tanah, 1 bagian humus, dan 1 - 2 bagian pasir.

Jika ada, media tanam juga perlu ditaburi Furadan. Penggantian media tanam biasanya dilakukan setiap 1 - 5 tahun, tergantung jenis tanamannya. Tanaman yang tumbuh cepat, media tanamnya cenderung sering minta diganti, agar si kontet ini itu tetap tetap tumbuh subur dan indah, sehingga kehadirannya di rumah seolah-olah bisa membawa suasana alam yang asri. Cocok untuk orang-orang yang rindu akan alam.

Related Posts

Tips perawatan bonsai yang baik
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *