Cara menyembuhkan penyakit biduran

Tanya: Saya sering sekali mengalami biduran, terutama setelah mandi pagi. Biduran ini akan hilang jika saya minum obat tertentu, tetapi sayangnya obat ini membuat saya mengantuk. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit biduran ini?

Jawab: Biduran adalah gejala alergi kulit yang menyebabkan bisa karena makanan, kosmetik, debu, tanaman atau bunga-bunga tertentu dan sebagainya.

Biduran tidak akan hilang selama penyebab alergi masih berada di sekitar penderita. Soalnya, obat-obatan hanya menghilangkan gejala sesaat saja.

Obat-obat yang biasa digunakan untuk menghilangkan gejala itu adalah golongan antihistamin yang sering mendatangkan rasa kantuk. Selain itu, juga dipakai jenis hormon kortison dan hidrokortison.

Untuk mengetahui penyebab alergi (biduran) anda bisa meminta uji kulit di laboratorium. Bila kontak dengan penyebab alergi tidak dapat dihindari, dokter akan melakukan hiposensitisasi, yaitu menyuntikkan sedikit demi sedikit zat penyebab ke dalam tubuh.

Dosis penyuntikan ini terus ditambah, sampai akhirnya tubuh terlatih menerima zat tersebut. Cara penanggulangan alergi ini membutuhkan waktu lama dan hanya bisa dihentikan setelah tidak terlihat gejala paling tidak dalam selang waktu dua tahun.

Walaupun begitu, kadang-kadang alergi akan muncul lagi. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian istilah dan contoh istilah

3 macam otot manusia dan ciri cirinya

67 istilah bidang pertanian