Senin, 26 September 2016

Islam agama tauhid

Islam agama tauhid - Agama meyakinkan adanya Tuhan dengan berbagai alasan yang jelas dan tepat, yang tak dapat dibantah dan disanggah. Asal makna tauhid ialah berkeyakinan bahwa Allah itu Esa, tak ada sekutu bagi-Nya. Ke Esaan Allah yang dikehendaki Islam ialah: Allah itu Esa dalam segala hal. Esa pada Zat-Nya, sifat-Nya, dan Esa pada perbuatan-Nya, dengan pengertian tiada akhir.

Sebenarnya seluruh manusia mengakui adanya Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Walaupun demikian sebagian mereka mendasarkan pengakuannya pada penglihatan yang lahir dan dan sebagian mereka mendasarkan pengetahuan akalnya saja.

Karena itu, terjadi perselisihan dan perbedaan pendapat dalam cara melaksanakan pengakuan tersebut. Dan terjadi perbedaan dalam menetapkan Tuhan yang diimankan itu. Sebagian mereka ber-Tuhan-kan matahari, sebagian lagi ber-Tuhan-kan Api dan sebagainya.

Allah mengutus Nabi Muhammad, SAW membawa Islam, menyampaikan wahyu Allah yaitu Al Quran untuk menjadi petunjuk bagi manusia dalam beriman kepada Allah, dan bertauhid kepada-Nya di samping menjadi petunjuk dalam urusan-urusan dunia dan akhirat.

Tauhid itu jiwa agama, sendi yang paling penting dan besar. Bahkan dialah pokok yang utama dalam Islam. Seperti tersirat dalam surat al-Baqarah, ayat 255 sebagai berikut:

 Artinya:
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa´at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar (al-Baqarah, ayat 255)
Tegasnya, tauhid itu urat tunggal segala rupa ibadah dan muamalah. Syair tauhid ialah kalimat sucic "La ilaha illallah", dialah pokok sendi bangunan Islam.

Related Posts

Islam agama tauhid
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *